KPU Dumai Rekrut 3.451 Petugas KPPS

id kpu dumai, rekrut 3451, petugas kpps

KPU Dumai Rekrut 3.451 Petugas KPPS

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai Riau melaksanakan rekrutmen sebanyak 3.451 petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas di 493 TPS untuk Pilkada 9 Desember 2015.

Ketua KPU Dumai Darwis menyatakan kebutuhan ribuan petugas pelaksana pada hari pencoblosan nanti untuk ditempatkan tujuh orang di satu tempat pemungutan suara yang tersebar di 33 kelurahan dan 7 kecamatan.

"KPU membutuhkan 3.451 petugas pelaksana di TPS dan saat ini telah dimulai proses rekrutmen dengan melibatkan dukungan pemerintahan kecamatan dan kelurahan hingga rukun tetangga," katanya di Dumai, Selasa.

Dia menjelaskan, kinerja dan dukungan dari petugas pelaksana pemungutan suara ini sangat menentukan sukses dan lancarnya pelaksanaan pesta demokrasi di Kota Dumai untuk pemilihan walikota dan wakil walikota.

KPU saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi rekrutmen petugas KPPS dan membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah tersebut.

"Bagi yang berminat silahkan melapor ke panitia kecamatan setempat karena kita akan menggesa pembentukan KPPS ini karena diberi waktu hingga November sesuai ketentuan ditetapkan," ujarnya.

Menurutnya, proses rekrutmen KPPS kali ini mengalami perubahan dibanding lama, yaitu berdasarkan aturan KPU hanya boleh diikuti oleh mereka yang belum pernah menjabat saat pelaksanaan pemilu sebelumnya.

Petugas di TPS yang nantinya diisi oleh baru akan diberi pembekalan dan pelatihan oleh KPU tentang tatacara pelaksanaan tugas menyelenggarakan pemungutan suara.