KPU Kuansing Gelar Sosialisasi Gaet Pemilih Pemula

id kpu kuansing, gelar sosialisasi, gaet pemilih pemula

KPU Kuansing Gelar Sosialisasi Gaet Pemilih Pemula

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, menggelar sosialisasi terhadap pemilih pemula.

"Ini dalam rangka upaya peningkatan partisipasi pemilih khususnya pelajar dan mahasiswa dalam pemilihan kepala daerah," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuantan Singingi Firdaus Oemar di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, pemilih pemula diperkirakan sangat banyak di daerah Kuansing, sementara pemahaman terkait cara dan mekanisme tentang itu belum sepenuhnya diketahui oleh pelajar dan mahasiswa, untuk itu sangat penting diberikan pendidikan khusus.

Program KPU ini sangat penting agar proses menggunakan hak suara nantinya dapat berjalan dengan baik dan diharapkan pada saat sosialisasi itu bisa di manfaatkan sebaik -baiknya agar nantinya bisa haknya tidak hilang sebagai warga negara yang baik.

"Semua kegiatan berjalan lancar," sebutnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga bekerja sama dengan pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kuantan Singingi (Kuansing) agar berjalan optimal yang jadwalnya telah di susun dengan baik yakni pihak Badan Kesbangpol Kuansing sudah dimulai sejak 13 hingga 31 Oktober 2015.

Sedangkan sosialisasi pemilih pemula oleh KPU dilaksanakan sejak 6 hingga 26 ovember 2015 disejumlah sekolah yakni Kampus UNIKS, SMAN 1 Sentajo Raya, SMAN 1 Gunung Toar, SMAN 1 Pangean, SMK N 1 Logas Tanah Darat, sman 1 Kuantan Hilir, SMAN 1 Kuantan Hilir Seberang, SMA 1 Inuman, SMAN 1 Cerenti dan SMAN 1 Kuantan Muidik serta SMAN 1 Hulu Kuantan.

"Targetnya adalah pemilih pemula khususnya mahasiwa dan pelajar siswa SLTA yang telah memiliki hak pilih," ujarnya.

Kesbangpol juga menggelar acara di SMK Negeri 2 Teluk Kuantan, SMAN Benai, Kantor Camat Pucuk Rantau, SMAN 1 Gunung Toar, Kantor Camat Hulu Kuantan, SMAN 1 Singingi, SMAN 1 Cerenti, Kantor Camat Kuantan Hilir Seberang, SMAN 1 Pangean, SMAN 1 Sentajo Raya, SMK N 1 Logas Tanah Darat, SMAN 1 Kuantan Hilir, SMAN 1 Kuantan Mudik dan SMKN 1 Singingi serta SMAN Inuman.

"Kegiatan diselenggarakan setiap ada agenda politik terkait Pemilu dan Pilkada," ucapnya.