Polhut Kuansing Gencarkan Patroli Lapangan Cegah Kebakaran

id polhut kuansing, gencarkan patroli, lapangan cegah kebakaran

Polhut Kuansing Gencarkan Patroli Lapangan Cegah Kebakaran

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Tim Polisi Kehutanan Dinas Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, meningkatkan kinerjanya untuk melakukan patroli lapangan dalam rangka mencegah pembalakan liar dan kebakaran oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami intensifkan patroli agar kebakaran hutan juga tidak terjadi, ini upaya mencegah kabut asap atas ulah pelanggar hukum," kata Kepala Dinas Kehutanan Kuantan Singingi (Kuansing) Pramudio Nandar di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, tim akan bergerak cepat dan secara rutin turun kesejumlah tempat khususnya d kawasan hutan lindung dan Hutan Produksi terbatas (HPT) agar pembalak hutan tidak melakukan kegiatan ilegal.

Kabut asap semakin menjadi di daerah, khawatirnya akibat dari terjadi tindakan pelanggaran hukum di kawasan hutan yang dilindungi, padahal himbauan pelarangan membakar lahan sudah sampai kepelosok desa selain adanya baleho sosialisasi di pajang di sejumlah tempat strategis.

" Kami berupaya maksimal mencegah terjadinya karhutla," janjinya.

Pelaku karhutla bisa saja pengusaha, masyarakat atau oknum yang di minta oleh pemilik modal, akibatnya kabut asap terjadi, namun diharapkan kasadaran semua pihak untuk tidak melanggaran aturan sangat di minta.

Selain itu, saat ini juga semua penegak hukum bekerja optimal dalam mengatasi terjadinya pembakaran hutan dan lahan hingga masuk kelokasi yang dinilai rawan walaupun tempatnya sulit dijangkau.

Menurutnya, hingga saat ini titik api di Kuansing relatif minim, hal tersebut tak terlepas dari imbauan Bupati, Kapolres dan jajarannya lain untuk memberi pemahaman kepada masyarakat.

" Kita harus merasa prihatin atas tebalnya kabut asap hingga membuat masyarakat banyak terserang ISPA," tegasnya.

Sementara itu, sosialisasi dan imbauan larangan pembakaran lahan selalu di sampaikan hingga ketengah masyarakat bahkan upaya maksimal juga disampaikan oleh Polhut maupun jajaran Dinas Kehutanan hingga Camat, Kades, Lurah serta tokoh masyarakat.

"Kami juga berharap jika ada kedapatan oknum pembakaran hutan sebaiknya dipross secara hukum," ucapnya.