Bengkalis Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten

id bengkalis canangkan, kesatuan gerak, pkk-kb-kesehatan tingkat kabupaten

Bengkalis Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, canangkan kesatuan gerak pendidikan kesejahteraan keluarga- keluarga berencana (PKK-KB) yang dipusatkan di Halaman Kampus Akademi Kebidanan Petro Mandau, Selasa, (3/11).

“Pasangan Usia Subur (PUS) agar untuk terus mengikuti program keluarga berencana untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga,” kata Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie saat pembukaan pencanangan kesatuan gerak PKK-KB.

Ia mengatakan, dengan ber-KB setiap PUS bisa memilih menunda, menjarangkan atau membatasi jumlah kelahiran. Disamping itu, program KB memberikan perlindungan kesehatan reproduksi, perlindungan hak ibu dan anak serta menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Menurut dia, pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan kemampuan produksi menyebabkan tingginya beban pembangunan yang berkaitan dengan penyediaan pangan, sandang, dan papan serta kebutuhan pokok lainnya.

“Karena itu setiap orang punya tanggungjawab untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk melalui program keluarga berencana (KB),” ujar H Ahmad Syah lagi.

Dijelaskannya, mengikuti program KB memberi banyak manfaat, seperti menjamin kesehatan ibu, mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan keharmonisan keluarga dapat ditingkatkan. Kemudian akan mengurangi kebutuhan keluarga dan memberikan akses yang lebih luas pada sebuah keluarga untuk meningkatkan penghasilan.

“Sesuai slogan KB ‘Dua Anak, Lebih Baik’, dengan dua anak, orang tua akan lebih mudah mengurus dan membahagiakannya serta mempersiapkan masa depan mereka yang lebih cerah,” ujar Ahmad Syah.

Selain kepada Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB H Mustafa, hadir juga dalam kegiatan pencanangan yang ditandai dengan pemukulan gong tersebut, diantaranya Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj Embung Megasari Zam, Kemudian, Plt camat Mandau Sapon, Penjabat Kepala Desa Air Kulim Amrillazi dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau H Indrawarman dan sejumlah kepada Dinas/Badan dan camat se-Kabupaten Bengkalis. (Adv)