Kemenpora: Rencana Induk Asian Games Tinggal Finalisasi

Jakarta,  (Antarariau.com) -Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menegaskan jika rencana induk atau master plan Asian Games 2018 yang merupakan salah satu syarat untuk menjadi tuan rumah kejuaraan empat tahunan yang harus dipenuhi tinggal tahap finalisasi.

"Saat ini terus dikebut dan tinggal finalisasi antara lain penggabungan program dari Kemenpora, KOI, KONI maupun Satlak Prima," kata Sesmenpora Alfitra Salamm di sela pelepasan kontingen ASEAN Civil Service Games di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu.

Rencana induk Asian Games 2018 berisikan semua hal yang menyangkut pelaksanaan kejuaraan olahraga terbesar di Asia itu mulai masalah sarana prasarana, pendanaan hingga kepanitiaan. Hingga saat ini keberadaan rencana induk masih tanda tanya.

Meski demikian, Alfitra Salamm menegaskan jika rencana induk dipastikan tuntas sebelum dibawa ke rapat Dewan Olimpiade Asia (OCA) di Kuwait, Minggu (15/11). Sesuai dengan rencana, pihak Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan hadir dalam pertemuan tersebut.

"Master plan(rencana induk) memang harus dibawa kesana (Kuwait). Makanya harus segera dituntaskan. Saat ini proses terus berjalan," katanya menambahkan.

Pria yang juga menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Squash Indonesia itu menjelaskan, dalam rencana induk tersebut juga akan dicantumkan lokasi pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 karena hingga saat ini belum diputuskan.

Informasi yang berkembang, pembukaan Asian Games 2018 akan dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta sedangkan penutupan akan dilakukan di Stadion Jakabaring Palembang. Ada peluang pembukaan dan penutupan tetap dilakukan di Jakarta.

"Jika semuanya sudah beres termasuk master plan, selanjutnya akan digunakan pula persiapan inpres Asian Games 2018," kata Alfitra menegaskan.

loading...