Kecamatan Rumbai Percontohan "Kota Pintar" Di Pekanbaru

id kecamatan, rumbai percontohan, kota pintar, di pekanbaru

 Kecamatan Rumbai Percontohan "Kota Pintar" Di Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menjadikan Kecamatan Rumbai sebagai pilot projek atau percontohan penerapan program kota pintar (smart city) di wilayah setempat.

"Saya minta Bappeda untuk menindaklanjuti ini segera," ucap Wali Kota Pekanbaru, Firdaus di Pekanbaru, Selasa.

Firdaus mengatakan, Pemerintah Kota Pekanbaru serius menargetkan program kota pintar (smart city), di Pekanbaru dimulai penerapannya tahun 2016.

Pintar disini bukan saja dibidang teknologi tetapi masyrakatnya juga harus ikut dan mau mengerti prosesnya, sehingga semua sektor sosial, ekonomi, budaya, dan sebagainya mencerminkan perilaku yang cerdas.

"Ini bukan hanya mimpi tetapi sudah direncanakan sebelumnya. Memang belum bisa dilakukan menyeluruh akibat kesiapan dan ketersediaan sarana. Namun dengan dimulai dari satu Kecamatan Rumbai, Pekanbaru diharapkan bisa berubah," bebernya.

Menurut Firdaus, nanti Rumbai akan membangun sistem link terhadap semua data kependudukan, mulai dari tingkat RT/RW hingga ke Kecamatan.

"Lalu diteruskan ke kantor Walikota, sehingga jika saya ingin mengecek data apa saja tentang Kecamatan Rumbai semua bisa dilihat dari ruangan kantor," beber Firdaus.

Jadi pihaknya meminta Bappeda untuk merealisasikan hal ini. Karena tim penanggulangan kemiskinan ada di lembaga tersebut. Diakui Firdaus, dipilihnya Rumbai sebagai pilot projek, karena data sajian kependudukan yang dimiliki selama ini sudah lebih baik dari kecamatan lain.

Camat Rumbai, Zulhelmi Arifin, ditempat yang sama mengatakan bahwa pihaknya sejak tahun 2014 sudah memberlakukan program pembuatan peta bidang persil tanah dengan Sistem Informasi Geografi (SIG). Yakni sebuah cara untuk mengimformasikan data tata ruang wilayah Rumbai dan merepresentasikan objek dibumi.

"Dalam SIG kami menggunakan teknologi informasi sebagai perangkat yang membantu dalam penyimpanan, memproses, mengalisa, mengelola data serta menyajikannya," terang Zulhelmi.