Menpora: SEAS Sebagai Pemanasan Asian Games

Jakarta,  (Antarariau.com) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan South East Asia Shooting (SEAS) Championships 2015 menjadi pemanasan para atlet sebelum mengikuti Asian Games 2018.

"Kejuaraan ini tentu sebagai pemanasan bagi kita semua menyongsong Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018," kata Menpora saat pembukaan SEAS di lapangan tembak Senayan, Jakarta, Selasa malam.

Dia berharap pada kesempatan tersebut Indonesia dapat meraih medali emas. Imam menilai Satlak Prima telah mempersiapkan cabang olahraga menembak sebagai salah satu prioritas untuk mendapatkan medali.

Menurut dia pemerintah akan memfasilitasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan RI agar mempermudah arus barang untuk pertandingan dan kejuaraan.

Ketua Umum Perbakin Bambang Trihatmojo menyampaikan kejuaraan  diselenggarakan hingga 26 November 2015, diikuti negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina dan tuan rumah Indonesia.

Malaysia menjadi negara terbesar yang mengirimkan atletnya pada kejuaraan ini dengan 83 atlet, Singapura dengan 53 atlet, Vietnam 42 atlet, Taiwan 21 atlet, Hongkong 12 atlet, Thailand 7 atlet, Filipina 3 atlet dan sebagai tuan rumah Indonesia 56 atlet.

Sekretaris Jenderal Perbakin M Indra Wargadalem sebelumnya mengatakan ada 269 petembak yang berkompetisi dari 17-26 November.

Dia mengatakan awalnya kejuaraan tersebut akan berlangsung di Palembang, namun karena asap dari kebakaran hutan menyelimuti kota tersebut maka lokasi dipindahkan ke Jakarta.