Ketua Kadin Riau Enggan Jadi Wali Kota

id ketua, kadin riau, enggan jadi, wali kota

 Ketua Kadin Riau Enggan Jadi Wali Kota

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Riau, Junianto Rachman atau yang dikenal Juni Rachman juga adik kandung dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan enggan untuk mencalonkan diri menjadi Wali Kota Pekanbaru bersaing dengan petahana Firdaus MT.

"Sampai sekarang tidak ada niat dan tidak pernah punya niat," kata Juni Rachman saat rehat acara Diskusi Panel "Evaluasi Kinerja Ekonomi Riau 2015 dan Prospek Ekonomi Riau 2016 di sebuah hotel berbintang di Pekanbaru, Rabu siang.

Namun jika didorong oleh masyarakat atau bahkan kakak kandung yang saat ini menjabat sebagai Plt Gubernur Riau? Juni tetap mengaku akan fikir-fikir dulu.

"Yang jelas sampai sekarang tidak terbersik niat untuk berpolitik," katanya lagi.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pekanbaru rencananya akan dilaksanakan pada 2017 setelah diawal tahun itu jabatan Wali Kota Firdaus MT dan Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi berakhir.

Walau masih lebih setahun mendatang, namun suhu politik untuk memperebutkan kursi orang nomor satu di Ibu Kota Riau itu telah terasa. Sejumlah spanduk orang-orang terkenal mulai dari tokoh masyarakat hingga pejabat pemerintahan dan organisasi terbuka telah meramaikan jalanan pusat kota.

Dikabarkan, Firdaus MT akan kembali mencalokan diri menggunakan Partai Demokrat. Saat ini, dia juga terus menguatkan diri dengan mengusung program Trilogi. Ada tiga bagian Trilogi, yakni Profesional, Amanah, Santun (PAS), kemudian Disiplin, Kreatif, Inovatif (DKI), terakhir yakni Mampu dan Mau bekerja keras, Bergerak cepat, Bertindak Tepat (MBB).

Sementara itu informasi lainnya, wakil Firdaus yakni Ayat Cahyadi juga akan maju dengan dukungan Partai Politik PKS, disusul kabar pasangan Dheni Kurnia-Syafriadi yang merupakan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau dan Ketua Serikat Penerbit Pers (SPS) Riau.

Dan yang tak kalah santernya adalah keluarga dari Gubenur Riau nonaktif Annas Maamun yakni Dwi Agus Sumarno yang dikabarkan juga tergiur kursi Wali Kota Pekanbaru itu.

Dwi merupakan pejabat eselon II di Riau yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Riau dan saat ini menjabat sebagai Kadis Cipta Karya Riau.