Masyarakat Kuansing Gelar Acara Melayur

id masyarakat kuansing, gelar acara melayur

Kuantan Singing, (Antarariau.com) - Perhatian masyarakat sangat tinggi terhadap acara melayur di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau dalam rangka memasyarakatkan budaya tradisioanal daerah setempat sangat tinggi.

"Kami mendukung penuh acara itu, dana terkumpul bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan," kata Camat Inuman Ahyar Astmofis di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, salah satu acara melayur jalur Jitu Kuantan di Pulau Busuk Kecamatan Inuman berjalan sukses bahkan terkumul dana mencapai Rp60 juta.

Pihak pemerintah kecamatan sangat peduli dengan aspirasi warga, namun demikian diharapkan bukan saja kegiatan daerah yang perlu mendapat dukungan tetapi program Pemkab juga harus di bantu agar berjalan optimal.

" Alhamdulillah semua berjalan sesuai harapan," sebutnya.

Bupati Kuantan Singingi Sukaris mendukung penuh kegiatan melayur, setiap ada acara bisa dipastikan Bupati Kuansing menghadiri, pada saat Melayur terjadi proses penggalangan dana di pimpin langsung olehnya sehingga berjalan optimal dan nyatanya berjalan lancar hal ini perlu diberikan apresiasi.

" Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati dan rombongan," ujarnya.

Banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Sukarmis pada waktu ada kegiatan di kecamatan itu, seperti pentingnya pengaspalan jalan, seminisasi, perbanyak kegiatan sosial agar daerah dan warga menjadi maju seperti kecamatan lainnya.

Kecamatan Inuman sudah masuk daerah yang sudah maju dan berkembang dan memiliki banyak situs budaya yang perlu perhatian khusus misalnya pengelolaan Makam Syech Soleh yang sebagai penyebar agama Islam di daerah tersebut pada masanya, sudah saatnya di tingkatkan kualitas pemakaman itu.

Salah satu warga Inuman Serti (40) di Rengat mengatakan, sebagai warga berharap banyak pemerintah daerah meningkatkan kegiatan ekonomi kerakyatan di daerah tersebut.

" Jika tahun 2016 Inuman mendapatkan kucuran APBD lebih besar maka pembangunan akan semakin baik," ucapnya.