KPU Dumai Mulai Lipat Surat Suara Pilkada

id kpu dumai, mulai lipat, surat suara pilkada

KPU Dumai Mulai Lipat Surat Suara Pilkada

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai mulai melakukan pelipatan 159.600 surat suara pilkada setempat, Desember 2015, dengan melibatkan 85 warga, Kamis.

Sekretaris KPU Dumai Zahedi di Dumai, Kamis, menyebutkan pelipatan surat suara yang dilakukan di Gedung Serbaguna Pemkot Dumai itu dijadwalkan selama tiga hari atau hingga 21 November, namun diharapkan dapat tuntas lebih cepat.

"Surat suara sudah kita terima dari percetakan di Pekanbaru pada hari Selasa kemarin, dan Kamis ini akan dimulai proses pelipatan dan sortir," katanya.

Guna kelancaran dan tertib kegiatan pelipatan suara, sejumlah personel polisi bersama anggota Panitia Pengawas dan staf Sekretariat KPU akan diturunkan untuk ikut mengawasi dan mengamankan.

Petugas pelipatan sekaligus akan melakukan sortir dan melipat kertas suara berdasarkan kebutuhan di tiap tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Dumai yang diikuti lima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

"Kita berharap proses pelipatan ini berjalan lancar dan tidak ada kendala agar secepatnya didistribusikan ke semua TPS penyelenggara pilkada," kata dia.

Pada Selasa (17/11), KPU menerima surat suara pilkada 159.600 lembar dari seharusnya 170.993 lembar, berdasarkan pemilih tetap ditambah 351 pemilih tambahan dan 2,5 persen untuk cadangan di setiap tempat pemungutan suara.

Logistik surat suara diterima KPU yang diangkut menggunakan satu armada mobil boks mengalami kekurangan 17.392 lembar akibat ada kerusakan di percetakan.

"Kekurangan surat suara akan dicetak ulang dan KPU akan menunggu hingga batas waktu 22 November nanti," katanya.

Selain itu, KPU juga masih menunggu kedatangan kebutuhan logistik lain, seperti formulir, tanda pengenal KPPS, saksi, petugas kebersihan serta stiker dan label kotak rekapitulasi perolehan suara pilkada.