Warga Dumai Diduga Gizi Buruk Ditangani Intensif

id warga dumai, diduga gizi, buruk ditangani intensif

Warga Dumai Diduga Gizi Buruk Ditangani Intensif

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Puskesmas Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau, mengintensifkan penanganan medis seorang warga penderita sakit paru-paru yang sebelumnya diduga mengalami gizi buruk.

Kepala Puskesmas Bumi Ayu Nia Arandhita menyebutkan warga atas nama Anggiat Simanjuntak tersebut terus dipantau kesehatan oleh tim medis selama hampir tiga bulan terakhir.

"Dia bukan mengalami gizi buruk melainkan sakit paru-paru tergolong parah sehingga tubuh menjadi kurus, dan tim puskesmas telah menangani pasien ini dengan memberi obat dan asupan gizi," kata Nia, Selasa.

Warga yang hidup sebatang kara di gubuk papan tidak terawat tersebut diduga menderita paru paru karena semasa hidup bekerja sebagai tukang pahat dan menghirup abu kayu tanpa alas penutup mulut.

Dijelaskan, tim medis juga mengajak partisipasi masyarakat sekitar agar ikut peduli dan membantu pasien dalam hal memenuhi kebutuhan makan dan minum sehari hari supaya asupan gizi terjaga.

"Kami juga terus memberikan susu formula dan memantau berat badan pasien untuk melihat perkembangan selama dalam penanganan medis," jelasnya.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Dumai Arlizman Agus meminta instansi terkait untuk terus memantau kesehatan dan memberi perlindungan kepada warga yang diduga mengalami gizi buruk.

Dia menginginkan tidak ada warga mengalami gizi buruk, karena itu aparatur terkait agar bekerjasama menanggulangi kondisi pria paruh baya tersebut dengan maksimal.