Rengat Raih Adipura 2015

id rengat raih, adipura 2015

Rengat Raih Adipura 2015

Rengat, (Antarariau.com) - Kota Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau berhasil meraih penghargaan sertifikat Adipura Tahun 2015 untuk kategori kota kecil dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

"Penghargaan bergengsi ini diraih Kota Rengat karena dinilai mampu meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan tahun 2014-2015," kata kepala Bagian Humas Setdakab Indragiri Hulu Jawalter S. di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, penghargaan sertifikat Adipura diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc kepada Penjabat Bupati Indragiri Hulu H Kasiarudin di Jakarta.

Tim penilai telah memantau 357 kota dan ibukota kabupaten di seluruh Indonesia, dari jumlah tersebut ada tiga kota meraih Adipura Kencana, 65 kota meraih Anugerah Adipura terdiri dari lima kota kategori metropolitan, tiga kota kategori kota besar, 25 kota sedang dan 32 kota kategori kota kecil.

" Alhamdulillah Inhu meraih salah satunya," sebutnya.

Ia menambahkan, Sertifikat Adipura diberikan kepada 69 kota terdiri dari satu kategori metropolitan, tiga kategori kota besar, 18 kategori sedang dan 47 kota kecil, sedangkan Plakat Adipura diberikan untuk 17 kota.

Penyerahan sertifikat itu dilaksankan pada Senin (23/11) malam di Hotel Bidakara, Jakarta yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para Bupati dan Walikota penerima penghargaan Piala Adipura, Plakat Adipura dan Sertifikat Adipura dari seluruh Indonesia.

Di Provinsi Riau, hanya ada empat kota yang meraih Sertifikat Adipura Tahun 2015 yakni Kota Rengat ibukota Kabupaten Inhu, Taluk Kuantan ibukota Kuantan Singingi, Pangkalan Kerinci ibukota Pelalawan dan Pasir Pangaraian ibu kota Rokan Hulu sedangkan Siak meraih Plakat Adipura Tahun 2015.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Indragiri Hulu Moch Bayu Setia Budiono menjelaskan, Adipura merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan Kementrian Lingkungan Hidup kepada kota di Indonesia yang dianggap berhasil dalam penatakelolaan lingkungan.