APBD Riau 2016 Bakal Terlambat Disahkan

id apbd riau, 2016 bakal, terlambat disahkan

APBD Riau 2016 Bakal Terlambat Disahkan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2016 Provinsi Riau berkemungkinan besar akan terlambat disahkan atau tidak sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 37 tahun 2014 yang mengatur paling lambat 30 November harus sudah rampung.

Hal tersebut disebabkan DPRD dan pemerintah setempat mengaku masih butuh melakukan pembahasan. Badan Anggaran DPRD menyatakan pengesahan diperkirakan baru bisa dilakukan pada pekan pertama Desember atau terlambat seminggu.

"Dewan menginginkan semua aspirasi dan kepentingan masyarakat bisa ditampung di RAPBD itu, sementara dana terbatas. Sehingga membutuhkan pembahasan mendetail agar semuanya kebagian kue pembangunan," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo di Pekanbaru, Rabu.

Meskipun begitu, intinya kata pimpinan banggar ini pembahasan APBD diklaimnya tidak ada kendala. Dan diharapkannya keterlambatan bebera hari itu bisa dimaklumi Kemendagri RI karena dewan juga bekerja keras menyelesaikannya.

"Bukan hanya Riau yang bakal terlambat mengesahkan RAPBD 2016, tapi banyak daerah lain yang juga akan terlambat," imbuhnya.

Saat ini menurut anggota Banggar, Aherson, pembahasan masih tahap penentuan plafon anggaran sementara. Selain itu anggota dewan juga memperjuangkan anggaran kabupaten/kota daerah pemilihannya masing-masing.

"Pokok pikiran dewan ada yang masuk dan tidak, yang tidak dimasukkan lagi. Masuknya bisa di dua pintu, pertama melalui bantuan keuangan ke kabupaten/kota dan melalui satuan kerja," jelasnya.

Sebelumnya APBD Perubahan telah disahkan pada pekan lalu, Senin (16/11). Kemudian langsung dilakukan pembahasan APBD murni 2016 dan Senin lalu (23/11) dijadwalkan penandatanganan nota kesepahaman yang akhirnya dibatalkan dan dijadwalkan kembali Jumat (27/11).