Jajaran Dinkes Gelar Inspeksi Usaha Rumah Tangga

id jajaran dinkes, gelar inspeksi, usaha rumah tangga

Jajaran Dinkes Gelar Inspeksi Usaha Rumah Tangga

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menggelar inspeksi ke sejumlah usaha industri rumah tangga milik masyarakat sebagai penompang pendapatan keluarga.

" Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya kelayakan usaha khususnya dibidang kesehatan," kata Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kuantan Singingi Detri Elvira di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, banyak usaha Home Industri di Kuansing yang mengelola berbagai kerajinan warga seperti pembuatan kue, minuman, maupun usaha kecil lainnya yang dinilai sangat penting mengutamakan mutu dan kualitas agar diterima konsumen.

Usaha kecil misalnya di Jao, Kecamatan Kuantan Tengah, tim turun kelokasi untuk melihat secara langsung kegiatan yang sedang berjalan tersebut agar produksinya lancar, kesehatan makanan tidak akan menggangu konsumen.

" Kami lakukan pemeriksaan higinenya," sebutnya.

Setelah dilakukan inspeksi maka usaha itu akan dibina dengan baik sehingga bukan saja akan membantu dikenalnya produksi tersebut karena sehat tetapi juga usaha mereka ramah lingkungan.

" Kami akan memastikan konsumen usaha tersebut terjamin dalam mengkonsumsinya sesuai dengan UU No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen," ujarnya.

Detri juga menegaskan, berkaitan dengan izin, setelah dikeluarkan tentunya hanya berlaku selama tiga tahun dan setelah itu harus di perpanjang sesaui aturan.

Salah satu warga Kuansing Hendri menyebutkan, inspeksi yang dilakukan pihak instansi pemerintah sangat positip, namun hendaknya secara berkelanjutan agar kesehatan produksinya terjamin.

" Ratusan usaha rumah tangga di Kuansing perlu perhatian," ucapnya.

Misalnya ada usaha roti, minuman, tempe dan produk lainnya, semua berkaitan langsung dengan kesehatan konsumen,jika dipandang tidak layak bukan berarti usaha mereka di tutup tetapi diberikan pembinaan dan arahan serta pelatihan khusus karena aktivitas itu untuk membantu ekonomi keluarga.