Sekda Dumai Imbau Jajaran Segera Daftar PUPNS

id sekda dumai, imbau jajaran, segera daftar pupns

Sekda Dumai Imbau Jajaran Segera Daftar PUPNS

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Kota Dumai Said Mustafa mengimbau jajaran untuk segera melakukan pendataan ulang pegawai negeri sipil (PUPNS) secara elektronik sebagai proses pemutakhiran data sebelum akhir 2015.

Ini disampaikan dia menyusul masih ditemukan sebanyak 102 PNS di lingkungan Pemerintah Kota Dumai belum mendaftar melalui e-PUPNS, padahal pendataan sangat penting untuk kepentingan basis data.

"Kita ingatkan rekan PNS yang belum ikut pendataan ulang agar segera supaya tidak ketinggalan masuk dalam basis data kepegawaian di pemerintah kota Dumai," kata Said Mustafa, Minggu.

PUPNS yang diatur UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Kepala BKN RI nomor 19 tahun 2015 ini agar PNS melakukan perbaikan data yang tidak sesuai serta menambahkan atau melengkapi yang belum lengkap dan tersedia di database.

Tujuan lain dari PUPNS ini yaitu untuk memperoleh data akurat dan dasar kebutuhan dalam pengembangan sistem informasi kepegawaian ASN sebagai sumber daya aparatur negara.

"Disamping itu untuk membangun kepedulian dan kepemilikan PNS terhadap data kepegawaiannya, karena itu diharapkan agar bisa segera melakukan pendataan ulang," tegas dia.

Sementara, Kepala BKD Dumai Sepranef Syamsir menyebutkan, program PUPNS ini mulai dijalankan sejak September 2015 lalu, dan dari 4.562 PNS Pemko Dumai, baru 4.460 pegawai yang melakukan pendataan ulang.

"Kita tidak tahu apa alasan mereka yang belum mendaftar ulang, padahal PUPNS ini sudah disosialisasikan dan diberikan bimbingan teknis cara pengisian," ungkapnya kepada pers.

Diketahui dalam PUPNS ini mencakupi data pokok kepegawaian, riwayat kepangkatan, pendidikan, pelatihan, jabatan dan keluarga serta lainnya yaitu BPJS, tabungan perumahan serta kartu pegawai elektronik.