PU Dumai Percepat Pembangunan 65 RLH

id pu, dumai percepat, pembangunan 65 rlh

 PU Dumai Percepat Pembangunan 65 RLH

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai, Riau, mempercepat pembangunan 65 rumah layak huni tipe 36 pada 2015 bagi masyarakat kurang mampu di sejumlah kelurahan.

Pelaksana Tugas Kepala DPU Dumai Syamsuddin di Dumai, Selasa, menyebutkan kegiatan pembangunan rumah layak huni itu dalam rangka program pengentasan kemiskinan daerah dan penyediaan hunian yang ideal dan sehat bagi warga. "Pekerjaan 65 unit rumah layak huni terus digesa hingga akhir tahun agar segera diserahkan kepada masyarakat penerima," katanya.

Pembangunan RLH 2015 itu, katanya, murni dibiayai oleh anggaran daerah dan dalam proses pekerjaan melibatkan partisipasi organisasi masyarakat setempat untuk meningkatkan kepeduliaan terhadap warga sekitar yang kurang mampu. Masyarakat penerima bantuan RLH, sebelumnya sudah terdata di kelurahan sebagai warga kurang mampu dengan identitas kependudukan yang jelas dan memiliki sebidang tanah yang bersertifikat.

"Pendirian RLH tahun ini Dumai tidak mendapat bantuan dari provinsi karena kondisi keuangan daerah yang mengalami pemotongan dana bagi hasil, namun kita terus berupaya menyiapkan anggaran demi mendukung program percepatan pengentasan kemiskinan," kata dia.

Dia menjelaskan pembangunan rumah layak huni tersebut akan dibuat secara proporsional di 11 kelurahan yang tersebar di tujuh kecamatan untuk warga berhak sesuai kriteria dan persyaratan yang ditetapkan.

Dia mengharapkan bantuan rumah layak huni itu, bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat penerima dan bermanfaat serta bisa terus ditingkatkan pembangunan di semua kelurahan.

Pemkot Dumai sejak 2007 hingga 2014 telah mendirikan ratusan RLH didukung bantuan anggaran Pemprov Riau sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Sebelumnya, Dinas PU Dumai juga berencana membangun rumah susun sewa dengan dukungan pendanaan pemerintah pusat, namun mengalami kendala tentang kesiapan lahan yang tepat dan ideal.