Polisi Berhasil Cegah Kerusuhan Massa HMI

id polisi berhasil cegah kerusuhan massa hmi

  Polisi Berhasil Cegah Kerusuhan Massa HMI

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Jajaran Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Riau, berhasil mencegah kerusuhan massa penggembira Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) setelah sebelumnya ratusan dari mereka menolak dipulangkan ke daerah asal, Sulawesi.

Wakapolresta Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono pada Sening siang di kawasan Purna MTQ Pekanbaru dengan tegas menyampaikan ke massa HMI yang menolak dipulangkan agar turun dari bus.

Dengan kesal Putut menyatakan seluruh pihak telah berupaya mengakomodir massa penggembira HMI untuk segera kembali ke kampung halaman masing-masing, namun sebagian peserta justru menolak dan memprovokasi agar bus tidak diberangkatkan.

"Jika kalian enggan berangkat, silahkan turun dari bus. Bus akan kita kembalikan. Kita sudah berusaha mengakomodir rekan-rekan semuanya," tegas Putut.

Mendengar penjelasan tersebut, sebagian besar peserta langsung merespon menuju ke bus sementara yang lainnya justru bersikeras tidak bersedia dikembalikan.

Ketegangan sempat terjadi saat sejumlah bus yang mulai berjalan tiba-tiba dihadang ratusan massa dan meminta untuk menghentikan bus tersebut. Dengan sigap, petugas berusaha meredam aksi massa dan meminta sekelompok massa penggembira yang menolak dipulangkan mundur.

Bahkan guna menghindari kerusuhan, jajaran Polresta Pekanbaru langsung diperkuat ratusan Satuan Brigade Mobil Polda Riau. Massa yang kalah jumlah akhirnya berhasil diredam oleh petugas kepolisian dan kericuhan berhasil dihindari.

Meskipun terdapat sejumlah provokator yang dianggap memperburuk suasana, petugas tidak melakukan penangkapan. Keadaan semakin membaik tatkala salah seorang panitia HMI menghampiri massa dan berjanji akan memulangkan seluruh massa.