KPA Dumai Bagikan Pita Peringati Hari AIDS

id kpa dumai, bagikan pita, peringati hari aids

KPA Dumai Bagikan Pita Peringati Hari AIDS

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Dumai bersama pelajar dan mahasiswa mendatangi perkantoran pemerintah setempat guna membagikan pita merah berlambang anti HIV/AIDS dan brosur pencegahan, Selasa.

Aksi simpati ini dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2015 dengan mengangkat tema perilaku sehat awal hidup terhindar dari HIV AIDS.

Anggota KPA Dumai Rudi Samson mengatakan, kegiatan bagi pita merah, brosur dan fakta tentang HIV AIDS untuk menyampaikan pesan moral agar menjauhi penyakit tersebut, bukan orang dengan HIV AIDS (ODHA).

"Kami mengandeng seratusan mahasiswa dan pelajar untuk terlibat aktif dalam kampanye anti HIV AIDS ini untuk mengajak masyarakat menjauhi penyakit ini, tapi bukan orangnya," sebut dia, Selasa.

Rombongan KPA juga untuk mengingatkan instansi pemerintah agar memiliki komitmen tinggi dan bersama dalam melakukan upaya penanggulangan HIV AIDS serta cara penularan penyakit yang mematikan kekebalan daya tahan tubuh tersebut.

Selain itu, KPA Dumai berencana akan menggelar aksi serupa dengan turun ke jalan dan menyapa masyarakat pengendara sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya perilaku hidup sehat sebagai awal dari menghindari HIV AIDS.

"Kita berharap kedepan Dumai bisa terbebas dari penyakit dan penularan HIV AIDS ini, karena itu butuh kerjasama semua pihak untuk menjaga perilaku dan membiasakan pola hidup sehat," terang dia.

Diketahui, dalam pelaksanaan prgram HIV AIDS ini KPA berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan selaku pelaksana medis dan LSM sebagai penjangkau serta pendampingan kepada ODHA.

Sementara, Dinas Kesehatan Kota Dumai mencatat dalam kurun waktu sembilan tahun, yaitu sejak 2006 hingga 2015 telah menemukan sebanyak 485 orang dengan HIV AIDS dan 77 diantaranya sudah meninggal dunia.

"Selama 2015 ini saja ada penderita baru HIV 15 orang dan 28 AIDS yang ditemukan di rumah sakit melalui kegiatan pencegahan penularan ibu ke anak," sebut Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinkes Dumai Nurbaiti.

Menurutnya, angka penderita HIV AIDS di Dumai cenderung meningkat tiap tahun berdasarkan pemantauan petugas melalui berbagai program pemeriksaan dini di sejumlah fasilitas dan pelayanan medis.