Polda Riau Kerahkan Perwira Pengendali Saat Pemungutan Suara

id , polda riau, kerahkan perwira, pengendali saat, pemungutan suara

  Polda Riau Kerahkan Perwira Pengendali Saat Pemungutan Suara



Menurut Kapolda, selain mengerahkan ribuan personil dari masing-masing polres, pengamanan selama pelaksanaan Pilkada juga diperkuat oleh Bawah Komando Operasi (BKO) Polda Riau.

Sementara itu, dia mengatakan hingga saat ini belum ada gangguan yang berarti dalam tahapan-tahapan Pilkada. Meski begitu, dia mengatakan pihaknya akan tetap memantau sejumlah daerah yang dianggap rawan terjadinya konflik.

Lokasi yang menjadi daerah yang sensitif untuk peluang terjadinya pelanggaran, menurut Kapolda merupakan kawasan yang berada jauh dari lokasi pos kepolisian, atau pun kantor polisi, dan akses umum.

Di lokasi tersebut akan menjadi persoalan karena ketika terjadi pelanggaran hukum akan sulit untuk dilakukan pengamanan, dan penanggulangan. Ini disebabkan akses yang jauh dan tidak adanya transportasi yang memadai.

"Rawan itu kan jauh dari polsek, yang sulit diakses itu masuk kategori rawan kita. Itu akan menjadi prioritas petugas," lanjutnya.

Komisi Pemilihan Umum Daerah Riau (KPUD Riau) menetapkan pemilih tetap untuk pilkada serentak di sembilan kabupaten/kota yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015, berjumlah sebanyak 2.355.753 jiwa.

"Data pemilih tetap tersebut berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penetapan daftar pemilih tetap yang dilakukan jajaran KPU di sembilan kabupaten/kota," kata Ketua KPUD Riau Nurhamin kepada Antara beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan jumlah DPT pilkada sembilan kabupaten/kota tersebut terdiri dari 1.207.703 laki-laki dan 1.148.050 perempuan, dengan jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 7.282 TPS.

"Jumlah TPS tersebut tersebar di 111 kecamatan atau 1.285 desa dan kelurahan," ujarnya

Ia mengatakan bahwa dari sembilan KPU kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada mendatang, KPU Kabupaten Rokan Hilir yang paling akhir melakukan rapat pleno penetapan DPT.

"KPU Rokan Hilir terpaksa memilah DPT secara manual karena adanya gangguan sistem online kita. Sempat ada kekurangan 33 ribu lebih DPT tapi sudah dapat diatasi," katanya.

Terdapat sembilan kabupaten dan kota di Riau yang turut serta menyelenggarakan Pilkada serentak yakni Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Indragiri Hulu dan Meranti.