Pemkab Rohil Siapkan Lahan 6 Ha Untuk SPAM

id pemkab rohil, siapkan lahan, 6 ha, untuk spam

Pemkab Rohil Siapkan Lahan 6 Ha Untuk SPAM

Bagansiapiapi, Rohil (Antarariau.com) - Kabupaten Rokan Hilir menyiapkan lahan seluas 6 hektare, untuk pembangunan proyek waduk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)

"Saya minta tokoh-tokoh masyarakat membantu. Kalaupun nanti ada ganti rugi, jangan terlalu mahal. Kalau perlu hibahkan juga 6 ha itu, karena air dari situ juga mengalir ke Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis." ujar Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno.

Waduk ini bakal memenuhi kebutuhan air bersih layak konsumsi terhadap 4 ribu Kepala Keluarga (KK) atau setara 30 ribu jiwa.

Terkait hal itu Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kabupaten Rokan Hilir, Suandi menjelaskan pembangunan waduk SPAM Regional merupakan salah satu solusi mengatasi permasalahan keterbatasan air baku atas kebutuhan masyarakat Bagansiapiapi.

" Waduk ini nantinya dilengkapi fasilitasi canggih sehingga masyarakat tidak lagi dipusingkan kebutuhan air bersih baik saat musim penghujan maupun kemarau. Dengan sistem SPAM Regional masyarakat bisa mendapatkan air baku layak konsumsi. " terangnya.

Pembangunan proyek waduk SPAM ini didanai sistem sharing APBN, APBD Provinsi Riau dan Rohil, untuk itu, Ketua DPRD dan pimpinan lain di Rokan Hilir diminta untuk mendukung Bupati Suyatno terus bergerak , sehingga pemerintah pusat dengan mudah memberikan prioritas dalam dukungan pengadaan khususnya dalam hal sektor air mimum.

(Adv)