Pekanbaru Miliki Lokasi Wisata Hutan Seluas 11 Ha

Pekanbaru,  (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, memiliki lokasi wisata hutan seluas 11 hektare yang terletak satu kawasan dengan Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin.   
   
"Tempat ini merupakan taman yang menjadi paru-paru kota. Hutan ini  sangat dipenuhi berbagai jenis tanaman kayu dan buah," ungkap Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Rabu, di Pekanbaru.

Menurut Firdaus, wisata hutan ini juga bisa jadi lokasi penelitian selain bermain bagi para pelajar. Karena didalamnya terdapat berbagai jenis binatang yang dilindungi, seperti kera, berbagai jenis burung.

"Tempat ini akan menambah anjang wisata bagi warga Pekanbaru yang merindukan alam dan sungainya," beber Wako.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Henri Alfiandi, mengakui pihaknya akan membuka kawasan taman wisata hutan ini kepada masyarakat umum pada setiap akhir pekan.

"Didalam hutan wisata ini terdapat berbagai kawasan joging, flying fox, taman mancing. Kami juga akan membangun pinball untuk perang-perangan," urainya.

Tentunya sebut dia lagi walau arena ini terbuka sebagai hutan wisata, kawasan ini akan tetap jadi pantauan.   
Ia menambahkan untuk perawatan hutan pihaknya, secara bertahap juga akan menanam ribuan pohon buah dan kayu.

"Sekitar 2.000 bibit pohon buah mangga, metoa, durian, tampui, dan sebagai kami mulai tanam menggantikan pohon akasia," tambahnya.

Selain itu Pihak Lanud juga rencanannya akan membuat berbagai ivent wisata dan hiburan di lokasi kawasan hutan, guna menarik para pengunjung baik lokal maupun luar,
   
"Kami akan mulai buka wisata hutan hari ini," tambahnya.  
   
Berdasarkan pengamatan antara dilapangan, tempat wisata hutan Lanud ini cukup indah karena masih dipenuhi rimbunan pohon yang berusia puluhan tahun. Tak jarang ada ukuran katu berdiameter 50-100 cm di sisi kiri dan kanan. Lokasi ini juga sangat cocok bagi yang hobi memancing. Karena terdapat kolam ikan yang luas dan kondusif.

Dihutan ini juga terdapat hewan yang dilindungi, berbagai jenis burung termasuk burung hantu, kera, dan sebagainya.
 
 

loading...