PLN Siapkan Mesin Genset Di KPU Dumai

Dumai, Riau,  (Antarariau.com) - PT PLN Rayon Dumai Kota Riau menyiapkan satu unit mesin genset berkekuatan 40 ribu watt di Kantor Komisi Pemillihan Umum setempat untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada 9 Desember.

Selain itu, PLN menyiagakan sejumlah petugas di gardu penghubung di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai Timur untuk mengantisipasi gangguan jaringan akibat faktor alam atau lain sebagainya.

"Mesin genset siap dioperasikan jika terjadi pemadaman listrik akibat gangguan alam agar kinerja lembaga penyelenggara Pilkada tetap lancar dan tidak mengalami kendala," kata Manager PLN Rayon Dumai Kota Dodi Prariyadi di Dumai, Selasa.

Dia menyatakan, PLN juga menjamin tidak akan melakukan pemadaman listrik pada hari pemungutan suara Pilkada Dumai yang digelar di 493 TPS di 33 kelurahan dan 7 kecamatan daerah itu. Namun, lanjut dia, pihaknya tetap tidak bisa menghindari pemadaman listrik jika terganggu akibat faktor alam seperti hujan petir dan gangguan hewan di tiang dan kabel.

"Kita berharap semoga pada hari pemungutan suara tidak terjadi gangguan akibat faktor alam karena kondisi itu sulit untuk dihindari," ungkapnya.

Bentuk dukungan lain, sebelumnya PLN telah melakukan kegiatan pemeliharaan jaringan dan infrastruktur listrik untuk menjaga ketahanan dan pasokan supaya tidak mengalami gangguan. Terkait Pilkada, Penjabat Wali Kota Dumai Arlizman Agus mengimbau masyarakat pemilih untuk menggunakan hak suara dengan baik dan benar sesuai hati nurani agar tingkat partisipasi memuaskan.

Guna menyukseskan Pilkada ini, pemerintah telah menetapkan 9 Desember sebagai hari libur nasional untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat, pegawai pemerintahan, pekerja swasta, mahasiswa dan pelajar bisa menyalurkan hak pilih. "Mari kita sukseskan Pilkada dengan menggunakan hak suara dan mengharapkan masyarakat agar tetap menjaga situasi aman dan kondusif seluruh tahapan pesta demokrasi ini," imbau dia.

Pilkada Dumai diikuti lima pasang calon, yaitu, Muhammad Ikhsan-Yanti Komalasari, Zulkifli AS-Eko Suharjo, Amris-Sakti, Abdul Kasim-Nuraini dan Agus Widayat-Maman Sufriyadi.