KPU Dumai: Distribusi Logistik Pilkada Rampung

Dumai, Riau,  (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai, Riau mengklaim sudah merampungkan distribusi seluruh logistik Pemilu Kepala Daerah ke semua kecamatan pada Senin kemarin dan dijadwalkan pengiriman ke TPS dilakukan Rabu pagi.

Sekretaris KPU Dumai Zahedi menyebutkan distribusi logistik diangkut menggunakan 7 unit armada truk dengan pengawalan aparat kepolisian, TNI, KPU dan Panwas di setiap kecamatan. "Logistik sudah tiba di semua kecamatan dengan pengawalan aparat gabungan dan sejauh ini berjalan lancar tanpa ada kendala," katanya, Selasa.

Dia menjelaskan, untuk distribusi logistik ke daerah sulit atau wilayah pinggiran dan menempuh jalur laut dan jangkauan jauh, diharapkan panitia kecamatan untuk berkoordinasi dengan unsur pimpinan setempat, seperti TNI Polri dan Panwas dan kelurahan.

Untuk pengawalan distribusi ke daerah sulit seperti Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan dan sejumlah wilayah perbatasan, KPU meminta bantuan pengawakan pihak kepolisian dan aparat terkait lain. "Distribusi logistik ke TPS di seluruh wilayah Dumai tergantung hasil kesepakatan bersama panitia kecamatan dengan aparat setempat, dan diharapkan bisa tuntas dimulai sebelum pencoblosan suara," sebutnya.

Selain itu, KPU juga telah menyediakan sebanyak 493 TPS yang dinyatakan siap untuk menggelar pencoblosan suara Pilkada tersebar di 33 kelurahan dan 7 kecamatan dengan jumlah pemilih tetap 170.883 jiwa.

Pemilih terbanyak terdapat di Kecamatan Dumai Timur yaitu 36.825 jwa dengan 103 TPS, Dumai Selatan 31.010 di 92 TPS, Dumai Kota 27.314 di 82, Bukit Kapur 24.911 di 79 TPS, Dumai Barat 23.501 di 62 TPS, Sungai Sembilan 20.374 di 56 TPS dan Kecamatan Medang Kampai 6.948 pemilih di 19 TPS.

Kapolres Dumai AKBP Suwoyo menyatakan tugas pengamanan Pilkada 2015 di sejumlah daerah rawan dan perbatasan daerah itu akan dibantu puluhan personel Brimob dari Polda Riau. "Sebanyak 30 personel Brimob akan membantu pengamanan Pilkada Dumai, yaitu penjagaan di KPU dan saat pemungutan suara hingga penghitungan," kata Kapolres.

Pilkada Dumai diikuti lima pasang calon, yaitu, Muhammad Ikhsan-Yanti Komalasari, Zulkifli AS-Eko Suharjo, Amris-Sakti, Abdul Kasim-Nuraini dan Agus Widayat-Maman Sufriyadi.