Siswa Riau Ikut BUMN Ke Maluku Utara

id siswa, riau ikut, bumn ke, maluku utara

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak 17 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) asal Provinsi Riau akan mengikuti "Program Siswa Mengenal Nusantara" ke Maluku Utara pada akhir Desember 2015 mendatang.

"Kemungkinan besar mereka diberangkatkan pada 26 Desember 2015 mendatang," jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau, Kamsol kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Menurutnya, seharusnya siswa Riau dapat mengikuti "Program Siswa Mengenal Nusantara" yang digelar atas kerjasama Kementrian BUMN dan sejumlah BUMN tersebut pada pertengahan Desember ini. "Namun akibat bencana kabut asap, banyak sekolah libur sehingga menyebabkan mundurnya jadwal ujian," jelasnya.

Meski begitu, dia optimis bahwa siswa Riau nantinya dapat berpartisipasi dengan baik pada program tersebut.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pihaknya telah memulai menyeleksi siswa yang akan mengikuti "Program Siswa Mengenal Nusantara" itu. Akan tetapi, untuk tahun pertama diselenggarakannya program tersebut, dia mengatakan seleksi hanya dilakukan di Kota Pekanbaru.

Sementara itu, Marketing Branch Manager Pertamina Sumbar-Riau Ardian Adhitia menyatakan siap untuk mensukseskan siswa Riau guna berpartisipasi dalam kegiatan "Program Siswa Mengenal Nusantara".

Program tersebut dikhususkan bagi siswa SMU Kelas XI dari keluarga kurang mampu yang menjadi putra daerah berprestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri.

Kegiatan ini dilaksanakan pada saat musim libur sekolah sehingga waktu libur mereka terisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. "Dengan pertukaran di 34 provinsi ini diharapkan tumbuh rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara di jiwa para pemuda," jelasnya.

Sebelumnya Riau kedatangan 17 siswa siswi asal berbagai SMA dari DKI Jakarta untuk mempelajari budaya dan sejarah Melayu Riau. Mereka akan berada di Riau selama 14 hari dan dalam kegiatannya akan mengunjungi sejumlah tempat yang mempunyai nilai budaya dan sejarah. Selain itu, mereka juga akan ditanamkan tentang ilmu kewirausahaan untuk selanjutnya dapat dibagi ke rekan-rekan lainnya di Jakarta.