Pemkab Kuansing Ajak Masyarakat Tanam Banyak Pohon

id pemkab kuansing, ajak masyarakat, tanam banyak pohon

Pemkab Kuansing Ajak Masyarakat Tanam Banyak Pohon

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengajak masyarakat untuk gemar melakukan penanaman pohon pelindung agar daerah semakin sejuk.

"Saya mendorong agar kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk mencintai keindahan kota," kata Bupati Kuantan Singingi Sukarmis di Teluk Kuantan, Selasa.

Bupati mengatakan, atas kesuksesan Kuansing meraih penghargaan Adipura membuat sejumlah pihak terdorong untuk menjadikan Kota Teluk Kuantan sebagai wilayah menjadi indah dan teduh, namun perjuangan untuk itu harus dilakukan secara bersama dan berkesinambungan dengan rutin menanam pohon di pusat strategis.

Pohon bukan saja untuk pelindung namun juga untuk menjaga ekosistim, terik panas matahari akan berkurang terasa jika banyak tumbuhan yang ditanam di sepanjang kota, namun areal yang telah ditentukan agar terlihat rapi.

" Mari bersama - sama gemar menanam pohon pelindung," sebutnya.

Bersempena juga dengan digelarnya Hari Menanam Indonesia, instansi terkait menggelar kegiatan penanaman pohon di Pasar Tradisional Berbasis Modern yang menjadi icon Kuansing setelah dibangun tahun 2014 - 2015.

Untuk meraih prestasi kota kecil terbersih tentunya mencapai minimal 30 persen dari lingkungan pasar harus memiliki ruang terbuka hijua yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tanaman khususnya yang telah di kondisikan dan tidak menggangu kenyaman masyarakat.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kuantan Singingi (Kuansing) Pramudio Nandar juga menyebutkan, kegiatan ini mesti dilakukan karena upaya untuk menghijaukan pusat kota agar menjadi area teduh.

" Pihak Dinas Kehutanan membagikan 10 ribu bibit tanaman kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Badan Lingkungan Hidup Kuansing juga telah berbuat banyak salah satunya melalui kegiatan program sekolah berbasis lingkungan (Adiwiyata) sebagai wujud kepedulian dan sosialisasi pentingnya lingkungan hidup sehat.

Dosen Universitas Islam Kuantan Singingi Ir Nariman Hadi MM mengatakan, prestasi yang telah dicapai pemerintah selama ini sangat membanggakan, namun perlu tetap di pertahankan bahkan ditingkatkan.

" Setiap kegiatan penanaman perlu juga dilibatkan mahasiswa," ujarnya.