Syamsuar Sujud Syukur Rayakan Hasil Pilkada Siak

id syamsuar sujud, syukur rayakan, hasil pilkada siak

Syamsuar Sujud Syukur Rayakan Hasil Pilkada Siak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Calon bupati Syamsuar mengklaim meraih suara terbanyak pada Pilkada Siak dengan perolehan 60,33 persen, dan mengekspresikan kemenangannya dengan sujud syukur di Mesjid Sultan yang bersejarah di Kabupaten Siak, Riau, Rabu.

"Sujud ini saya lakukan sebagai bentuk rasa syukur karena telah menang, dan saya memilih Mesjid Sultan karena memang mesjid tersebut adalah mesjid yang bersejarah. Itulah bentuk rasa syukur saya kepada Allah SWT, karena hari ini kita dipercaya kembali memimpin Kabupaten Siak," kata Syamsuar kepada wartawan.

Ada dua pasangan yang bersaing dalam Pilkada Siak, yakni Syamsuar-Alfedri dengan nomor urut 1. Calon petahana ini berhadapan dengan pasangan Suhartono-Syahrul yang mendapat nomor urut 2. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Siak 2015 sebanyak 281.104 orang.

Syamsuar yang berpasangan dengan calon wakil bupati Alfedri maju dalam Pilkada Siak dengan dukungan beberapa partai politik, yakni Partai Nasdem, PAN, PKS, PKPI dan Hanura.

Gabungan partai ini membentuk Koalisi Rakyat Bersatu (KRB), dan melakukan penghitungan peroleh suara dari saksi-saksi di 747 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 14 kecamatan yang ada di Siak.

Menurut dia, hasil perhitungan berdasarkan formulir C1 hingga Rabu sore menunjukan perolehan suara pasangan nomor urut 1 ini mencapai 60,33 persen. Sementara itu, pasangan calon bupati nomor urut dua memperoleh 39,67 persen suara.

Syamsurat mengatakan dari 14 kecamatan yang ada, perolehan suara pasangan petahana ini hanya kalah di Kecamatan Bunga Raya. "Hal itu tidak menjadi masalah, karena yang kita khawatirkan di Kecamatan Tualang dan Kandis yang menjadi basis terbesar. Tapi ternyata kita menang juga disana," ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Siak yang telah menggunakan hak politik untuk memberikan kepercayaan kepada dirinya memimpin Siak untuk lima tahun ke depan. "Saya meminta kepada teman-teman dan para tim untuk tetap menjaga keamanan agar Pilkada di Siak ini damai. Mari kita merayakan hal ini namun jangan berlebihan, cukup dengan sujud syukur yang kita lakukan kepada Allah SWT," katanya.

Wakil Ketua Koalisi Rakyat Bersatu (KRB) Kabupaten Siak, Ismail Amir, mengatakan total suara yang didapatkan nomor urut 1 lebih dari 108.840 suara. "Kemungkinan besar hasil akhir tidak akan jauh berubah di KPU Kabupaten Siak, karena perhitungan kita berpatokan pada hasil formulir C1 yang merupakan dokumen resmi dari pemungutan suara di tiap TPS," katanya.