HUT Mandah Gelar Pagelaran Melayu

id hut mandah, gelar pagelaran melayu

Tembilahan, (Antarariau.com) - Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Mandah, Indragiri Hilir, Riau yang ke-77 akan digelar berbagai kegiatan seni budaya kas melayu yang direncanakan dilaksanakan selama dua hari dua malam.

"Dalam kegiatan itu kami akan mempertunjukan berbagai kesenian melayu dan kesenian khas Inhil lainnya. Diawali dengan pelantikan Lembaga Adat Melayu Riau, Kecamatan Mandah," kata Camat Mandah, Nursal.

Dia menyampaikan bahwa kegiatan akan dimulai dari tanggal 10-11 Oktober. Pagelaran seni budaya melayu iniakan menampilkan sanggar dari desa se kecamatan Mandah dan juga akan dimeriahkan oleh sanggar dari kecamatan lain seperti dari Tembilahan, Batang Tuaka, Gaung, Pelangiran, Kateman, Pulau Brung dan Kecamatan Teluk Belengkong.

Disamping dari kecamatan di Inhil pagelaran ini juga akan dimeriahkan oleh sanggar dari Provinsi Kepri yaitu sanggar dari Tanjung Balai Karimun yang akan membawakan kesenian melayu asli yaitu Gazal.

"Kami berharap melalui LAMR semoga budaya melayu yang mulai terkikis oleh zaman akan bisa digali dan dilestarikan serta diwariskan kepada generasi penerus, karena budaya tersebut merupakan sesuatu yang bisa membuat emosional persatuan dan kesatuan menjadi kokoh," katanya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya akan mencoba berusaha mewujudkan salah satu misi kecamatan yaitu akan menjadikan Mandah sebagai pusat budaya melayu di Indragiri Hilir, bahkan kalau bisa untuk tingkat provinsi.

"Modal untuk itu kita punya yaitu kekayaan budaya yg dimiliki Mandah, tinggal mengkoordinir dengan sebaiknya dan dengan profesional," jelasnya.

(adv)