Panwaslu: Pemungutan Suara Pilkada Dumai Berjalan Lancar

id panwaslu pemungutan, suara pilkada, dumai berjalan lancar

Panwaslu: Pemungutan Suara Pilkada Dumai Berjalan Lancar

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kepala Daerah Kota Dumai menilai pelaksanaan pemungutan suara di 493 TPS daerah itu pada Rabu kemarin telah berjalan lancar dan tenang tanpa ada gangguan.

Ketua Panwas Dumai Yossi Rinaldi mengaku kegiatan pemungutan suara terpantau oleh petugas pengawas berlangsung lancar tertib dan tidak ditemukan juga ada kendala kebutuhan logistik.

"Semuanya berjalan baik dan sejauh ini tidak ada laporan masuk tentang kekurangan logistik dan gangguan atau pelanggaran," sebut Yossi, Kamis.

Menurut dia, masyarakat dan pendukung lima pasangan calon telah mendukung terciptanya Pilkada sukses dan kondusif dengan menjaga suasana tetap aman dan tertib selama pelaksanaan pencoblosan kemarin.

Dalam pelaksanaan pengawasan, Panwas menurunkan seluruh petugas kelurahan dan kecamatan ke 493 TPS untuk memantau situasi dan potensi pelanggaran yang terjadi, namun hingga penghitungan suara semuanya diyakini berjalan baik.

"Kita mengapresiasi masyarakat Dumai yang telah mendukung terciptanya situasi pemilu yang kondusif sehingga pemungutan suara dapat berjalan sesuai dengan harapan," sebutnya.

Sementara, Kepala Kepolisian Resor Dumai AKBP Suwoyo juga mengklaim pelaksanaan hari pencoblosan tidak ada kendala berarti dan semua situasi keamanan tetap terkendali dan kondusif.

Situasi aman ini juga terjadi di sejumlah lokasi TPS di daerah dikategorikan rawan II, yaitu di dua wilayah perbatasan Dumai-Rokan Hilir dan Dumai-Bengkalis yang mendapat penjagaan ketat aparat gabungan.

"Tidak ada kendala dan semua telah berjalan aman lancar," ujar Kapolres.

Diketahui, pelaksanaan pemungutan suara di Kelurahan Basilam Baru di 7 TPS mendapat pengawalan berlapis 38 aparat gabungan, terdiri 10 Brimob, 12 prajurit TNI dan 16 Polisi guna mengantisipasi muncul gangguan keamanan.

Selain itu, kepolisian juga sudah melakukan upaya preentif dan preventif di daerah tersebut dan mengimbau masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif.

Penghitungan hasil perolehan suara akan dilakukan KPU secara berjenjang, dimulai dari tingkat KPPS, PPS kelurahan dan PPK kecamatan, kemudian pleno penetepan sesuai jadwal ditentukan.