Rumput Laut Euchema Katoni, Budidaya DKP Bengkalis ini Permintaannya Tinggi

id rumput laut, euchema katoni, budidaya dkp, bengkalis ini, permintaannya tinggi

Rumput Laut Euchema Katoni, Budidaya DKP Bengkalis ini Permintaannya Tinggi

Bengkalis, (Antarariau.com) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, membudidayakan rumput laut jenis Euchema Katoni yang saat ini permintaan pasar cukup tinggi.

"Kita telah membudidayakan rumput laut jenis Euchema Katoni, karena permintaan pasar untuk saat ini cukup tinggi dan harga jual jenis katoni ini juga tergolong tinggi," kata Penanggung Jawab Budidaya Rumput Laut, Hendra Saputra dalam keterangannya di Bengkalis, Kamis.

Ia mengatakan, sejak tahun 2013 sampai 2014 pihaknya berkerjasama dengan Balai Besar Perikanan Laut di Lampung dengan mendatangkan tenaga ahlinya untuk melakukan ujicoba budidaya rumput laut serta melihat kondisi laut Rupat Utara.

"Alhamdulillah, setelah selama 2 tahun dengan metode yang digunakan mendapatkan hasil ujicoba bahwa rumput laut jenis katoni cocok dibudidayakan,¿ katanya.

Dijelaskannya, budidaya rumput laut ini dibagi dua diantaranya pertama sebagai bibit yang bisa dipanen setelah berumur 25-30 hari, dan yang kedua untuk produksi yang bisa dipanen saat berumur 40-50 hari.

Adapun harga jual rumptu laut ini katanya mengikuti harga pasar dunia sebagaimana halnya dengan harga karet.

Sebaiknya itu rumput laut yang berumur 45 hari dengan harga jual dipasaran antara Rp 4.500 sampai Rp 5.000 per kilogram dengan kondisi rumput yang telah kering.

Ia menjelaskan, dalam memasarkan rumput laut dinas kelautan kabupaten bengkalis telah mengundang beberapa pengusaha untuk menampungnya.

"Saat ini kita tengah menunggu hasil uji laboratorium mereka untuk menerima atau tidak rumput laut yang kita produksikan dari Rupat Utara ini dan salah satunya adalah pabrik terbesar yang ada di Filipina," katanya.