Stabilkan Harga kelapa, Pemkab Indragiri Hilir Sosialisasikan Sistem Resi Gudang

id stabilkan harga, kelapa pemkab, indragiri hilir, sosialisasikan sistem, resi gudang

Stabilkan Harga kelapa, Pemkab Indragiri Hilir Sosialisasikan Sistem Resi Gudang

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemkab Indragiri Hilir, Provinsi Riau sosialisasikan sistem resi gudang kepada seluruh camat yang ada di daerah itu sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya untuk menstabilkan harga kelapa di kabupaten setempat.

"Sistem resi gudang ini merupakan sistem yang dapat memperkuat daya tawar menawar petani, kemudian sistem ini juga dapat menciptakan efesiensi di dunia agrobisnis, petani dapat menunda penjualan komoditi setelah panen sambil menunggu agar harga kembali baik," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Kamis.

Menurut dia hal ini merupakan salah satu upaya untuk lebih memaksimalkan potensi kelapa, karena lebih dari 50 jenis produk yang berasal dari turunan kelapa telah ditemukan.

"Manfaat kelapa bagi masyarakat sangatlah besar, di Indragiri Hilir 70 persen perekonomian masyarakatnya bergantung pada kelapa," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa manfaat dari sistem resi gudang ini tidak hanya untuk petani tetapi juga pengusaha, banyak dampak positif yang akan diperoleh jika menerapkan sistem ini.

"Saya berharap peserta yang hadir pada kegiatan ekspose dan sosialisasi ini dapat memberikan dukungannya dalam pelaksanaan sistem ini. Saya ingin sistem resi gudang ini tetap dijalankan," katanya.

Selain itu dia menyatakan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Indragiri Hilir telah mendapat tanggapan dari menteri perdagangan.

"Jika sistem resi gudang ini telah diterapkan, maka tidak hanya memberikan manfaat kepada masyarakat Indragiri Hilir saja, melainkan dapat pula dimanfaatkan oleh provinsi lain," paparnya.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Indragiri Hilir Junaidi menyatakan bahwa pihaknya secara kelembagaan sangat mendukung adanya sistem resi gudang ini.

"Kami telah mengusulkan Perda terkait sistem resi gudang ini. Tidak ada kata mundur untuk sistem resi gudang, mari sama-sama kita mendukung sistem ini. Saya berharap atas nama lembaga agar tim percepatan sistem resi gudang ini dapat melakukan terobosan dan sosialisasi lagi ke desa-desa," katanya.