Rokan Hilir Mulai Dilanda Banjir

id rokan hilir, mulai dilanda banjir

Rokan Hilir Mulai Dilanda Banjir

Rokan Hilir, Riau (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau telah melakukan serangkaian kegiatan untuk mengantisipasi jika terjadinya banjir yang bisa menimbulkan gangguan bagi aktifitas masyarakat dan menimbulkan dampak negatif lainnya.

"Memang kalau akhir tahun ini ada beberapa daerah menjadi langganan banjir, seperti di kecamatan Bangko ini. Bupati sudah memerintahkan pihak terkait untuk bisa melakukan berbagai kegiatan penanganan dampak banjir misalnya untuk di kecamatan Bangko tingkatkan lagi normalisasi saluran air yang ada," ujar Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, Kamis.

Gambaran beberapa daerah yang rawan banjir terangnya karena memiliki permukaan yang cenderung rendah seperti yang terjadi di kota Bagansiapiapi secara khusus maupun di kecamatan Bangko secara umumnya.

Langkah yang diperlukan misalnya normalisasi sehingga air yang masih bertahan di permukaan tanah bisa terbebas menuju ke sungai dan gilirannya tumpah ke laut.

Selain itu, sangat penting pula bila pemerintah daerah mengupayakan ketersediaan air bersih mengingat melimpahnya sumber air yang ada di Rohil karena memiliki potensi sungai yang banyak, seperti sungai rokan.

"Tentunya bisa bermanfaat untuk ketersediaan air bersih, kalau tidak salah perencanaannya DED sudah ada pada Bappeda, dan kita akan rembukkan dengan Dinas Bina Marga bagaimana agar pengelola air bersih bisa terealisasi," tuturnya.

Kembali ke perihal banjir menurut Sekda memang perlu disikapi bersama-sama, mengingat daerah yang rawan banjir masih berpotensi mengalami musibah yang jika tidak ditanggulangi bisa mengakibatkan kerugian, terutama kerugian materil yang tidak sedikit.

Adapun beberapa daerah yang sering terkena banjir diantaranya Kecamatan Rantau Kopar, Pujud, Rimba Melintang, serta Bangko.

"Tapi persoalan penanganan banjir bukan semata menyangkut bagaimana melakukan normalisasi tidak selamanya seperti itu. Karena saya melihat masyarakat kadang tidak selalu rugi juga karena banjir, malahan ada masyarakat yang waktu banjir dimanfaatkan untuk mendapatkan pendapatan karena hasil ikan justru bertambah,” ujar Surya Arfan.

Kendati begitu pihaknya tetap memantau situasi banjir yang ada dan kepada Dinas Sosial Rohil diharapkan bisa siaga jika ada wilayah yang tingkat banjir semakin tinggi agar bisa diberikan bantuan dengan cepat sesuai dengan yang diperlukan.

(adv)