Indonesia Tularkan Pemanfaatan Eceng Gondok Di Mesir

id indonesia, tularkan pemanfaatan, eceng gondok, di mesir

 Indonesia Tularkan Pemanfaatan Eceng Gondok Di Mesir

Kairo, (Antarariau.com) - Eceng gondok yang merayapi pinggiran sepanjang Sungai Nil dan aliran-aliran irigasi di Mesir selama ini tiada harganya dan bahkan dianggap sebagai hama air.

Namun, pemerintah Mesir saat ini mulai menyadari kegunaan taman liar itu untuk disulap menjadi produk kerajinan bernilai jual, dan karenanya berkeinginan menimba ilmu dan pengalaman dari pengrajin Indonesia.

Kementerian Kerja Sama Internasional Mesir dan Lembaga Pengembangan Usaha Kecil-Menengah Mesir bekerja sama dengan KBRI Kairo mengadakan pelatihan pemanfaatan eceng gondok.

"Pelatihan eceng gondok ini awalnya merupakan permintaan Mesir kepada Indonesia untuk berbagi pengalaman suksesnya pemanfaatan eceng gondok oleh pengrajin Indonesia," ujar Duta Besar RI untuk Mesir Nurfaizi Suwandi di Kairo, Jumat.

Nurfaizi yang akan mengakhiri masa bakti sebagai Duta Besar di Negeri Piramida pada akhir Desember ini, mengungkapkan, permintaan pelatihan tersebut karena Mesir memiliki eceng gondok yang sangat besar di sepanjang Sungai Nil dan selama ini dianggap sebagai hama air dan menyerap banyak air.

Kepala Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Kairo, Meri Binsar Simorangkir mengatakan, pelatihan pemanfaatan eceng gondok di Mesir ini digelar selama empat hari pada 9-12 Desember 2015 Kota Bani Suweif (120 km selatan Kairo).

Pelatihan pemanfaatan eceng gondok ini merupakan kedua kalinya setelah pelatihan pertama pada 2011 di Kota Mansoura (126 km utara Kairo) menyusul kunjungan Kementerian Kerja Sama Internasional Mesir ke Indonesia pada 2009.

Peserta pelatihan kedua ini diikuti 25 orang dari kalangan pengrajin dan perwakilan dari beberapa lembaga pemerintahan terkait di Mesir seperti Kementerian Sumberdaya Air dan Irigasi dan Kementerian Perdagangan, katanya.

Gubernur Bani Suweif, Muhammed Salim, saat menerima kunjungan muhibah Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, menyambut hangat pelatihan di Bani Suweif, salah satu kota yang letaknya di pesisir Sungai Nil itu.