DPRD Riau Kebut Pembahasan RAPBD 2016

id dprd riau, kebut pembahasan, rapbd 2016

DPRD Riau Kebut Pembahasan RAPBD 2016

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak lima komisi di DPRD Riau membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk tahun 2016 dengan mitra kerja pada akhir pekan ini guna mengejar target pengesahan Senin (14/12).

Berdasarkan pantauan beberapa komisi Gedung DPRD Riau di Pekanbaru, Sabtu terlihat sudah ada rapat kerja di ruang masing-masing. Sedangkan di luar terlihat banyak orang banyak berdatangan baik itu dari satuan kerja pemerintah maupun orang-orang yang terlihat membawa proposal.

Rapat komisi sendiri tidak bisa dipastikan terbuka atau tertutup. Seperti halnya staf di Komisi E yang mengatakan masuk saja dulu dan lihat reaksi apa yang ada di dalam.

Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldi Jusman menjelaskan terkait pembahasan RAPBD Riau di luar hari kerja itu sudah disepakati di dalam rapat badan musyawarah sebelumnya. Meskipun diakuinya sesuai tata tertib memang rapat-rapat di DPRD Riau dilaksanakan di hari kerja.

"Namun dikarenakan sudah dibahas dan disepakati di banmus maka tidak menyalahi aturan yang ada, sebab di dalam tatib juga disebutkan boleh rapat di luar hari kerja asalkan di sepakati di banmus," ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, tidak ada persoalan pembahasan RAPBD murni 2016 dibahas Sabtu dan Minggu. Dirinya sebagai pimpinan juga sudah menyetujui rapat itu.

Tahapan penyusunan RAPBD Riau sudah melalui jawaban kepala daerah atas pandangan umum fraksi. Selanjutnya adalah pembahasan di tingkat komisi seperti saat ini.

RAPBD Riau 2016 sendiri disampaikan Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman sebesar Rp11,2 triliun. Uang itu terdiri dari pendapatan sekitar Rp7 triliun dan perkiraan sisa lebih anggaran tahun ini sekitar Rp3,9 triliun.