Pemungutan Suara Ulang Riau Kondusif

id pemungutan suara, ulang riau kondusif

Pemungutan Suara Ulang Riau Kondusif

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Riau menyatakan bahwa pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS berlangsung aman dan kondusif.

"Tadi PSU sukses di gelar di dua TPS di Rokan Hilir dan satu TPS di Meranti," tegas Komisioner KPU Riau Ilham M Yasir kepada Antara di Pekanbaru, Minggu.

Dia menjelaskan ketiga TPS tersebut yakni TPS 5 Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 471 orang.

Selanjutnya dua TPS lainnya yang berada di Rokan Hilir yakni TPS 1 Kepenghuluan Pematang Singkek, Kecamatan Rimba Melintang dengan DPT 433 orang serta TPS 1 Teluk Pulau Hilir, Kecamatan Rimba Melintang dengan DPT 397 orang.

Sementara itu, Kapolres Meranti AKBP Pandra Arsyad menjelaskan bahwa pihaknya melakukan pengawalan ekstra, mulai dari pemungutan suara hingga membawa kembali surat suara ke Kecamatan.

"Proses distribusi dilakukan lewat darat dan lewat perairan. Tim terus melakukan pengawalan hingga ke proses penghitungan di KPU," tegasnya.

Hal senada disampaikan Kapolres Rokan Hilir AKBP Subiantoro, dimana dalam PSU tersebut pihaknya menempatkan enam personil di masing-masing TPS

"Semuanya berjalan kondusif hingga pemilihan berakhir," jelasnya.

Sebelumnya KPU memutuskan untuk menggelar PSU setelah di ketiga TPS tersebut ditemukan adanya pemilih ganda.

KPUD Provinsi Riau menyatakan, berdasarkan daftar pemilih tetap sebanyak 2.355.753 jiwa menggunakan hak suara dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) untuk menentukan kepala daerah beserta wakil pada sembilan kabupaten/kota.

DPT pilkada sembilan kabupaten/kota di Riau terdiri dari 1.207.703 pemilih laki-laki dan 1.148.050 pemilih perempuan dengan jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 7.282 TPS.