Bupati Inhil Kukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Duanu

id bupati inhil, kukuhkan pengurus, ikatan keluarga duanu

Bupati Inhil Kukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Duanu

Tembilahan, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hilir, Provinsi Riau Muhammad Wardan mengukuhkan pengurus ikatan keluarga duanu pada Sabtu malam, di Tembilahan.

"Masyarakat duanu adalah sekolompok masyarakat yang bertempat tinggal di pesisir wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)," Kata bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Sabtu.

Ia mengungkapkan bahwa masyarakat Duanu ini berjumlah lebih kurang 15 ribu jiwa yang terdapat dibeberapa kecamatan.

"Masyarakat Duanu ini terdapat di tujuh kecamatan dan 13 desa diantara adalah Kecamatan Kateman yaitu di Desa Kuala Selat Kelurahan Bandar Sri Gemilang, Mandah tepatnya di Desa Bekawan dan Desa Belaras, Concong yaitu di Desa Concong Luar dan Desa Panglima Raja. Kemudian di Kuindra di Desa Perigi Raja dan Desa Sei Bela. lalu Kecamatan Tanah Merah tepatnnya di Desa Tanah Merah, Desa Tanjung Pasir dan Desa Sei Laut lalu di Kecamatan Sei Batang yaitu di Desa Kuala Patah Parang dan Kecamatan Reteh di Desa Pulau Ruku," paparnya.

Dia menjelaskan bahwa dalam catatan sejarah, masyarakat Duanu berasal dari Ras Proto Malay atau melayu Tua yang hidup di tahun 2500 sampai 1500 Sebelum Masehi, mereka hidup secara nomanden atau berpindah-pindah.

"Tetapi saat ini, alhamdullilah masyarakat suku Duanu sudah menetap dan Pemkab Inhil telah memberikan bantuan perumahan melalui program-program yang ada di Dinas Sosial," jelasnya.

Diamping itu dia juga menerangkan bahwa masyarakat Duanu ini memiliki filosofi Piak Duanu Lap Dedolak yang artinya tidaklah Duanu hilang Di Laut, yang bermakna bahwa eksitensi masyarakat Duanu dengan alam terutama laut yang menjadi habitatnya tidak dapat dipisahkan dan sangat melekat.

"Dan hari ini mereka lebih senang dipanggil Suku Laut yang Dalam Bahasa Duanu "Pangkal Kukum Duanu", saat ini juga merupakan mementum sejarah dan tonggak untuk bangkit dengan aktifitas serta kegiatan-kegiatan dari suku Duanu yang ada di Kabupaten Inhil," ujarnya.

Menurut dia hal ini merupakan kekayaan dari Kabupaten Inhil yang dapat dikembangkan. Dia berharap kepada semua pihak, unsur dan SKPD terkait dapat memberikan dukungan terhadap program yang akan disusun oleh kepengurusan Suku Duanu Riau yang sudah dikukuhkan pada malam hari ini.

(adv)