Arab Saudi Umumkan Aliansi 34 Negara Islam Lawan Terorisme

id arab saudi, umumkan aliansi, 34 negara, islam lawan terorisme

Arab Saudi Umumkan Aliansi 34 Negara Islam Lawan Terorisme

Riyadh, (Antarariau.com) - Arab Saudi pada Selasa mengumumkan pembentukan aliansi militer 34 negara Islam untuk memerangi terorisme menurut pernyataan bersama yang disiarkan kantor berita negara itu, SPA.

Menurut pernyataan bersama itu, negara-negara tersebut memutuskan membentuk sekutu militer yang dipimpin oleh Arab Saudi untuk memerangi terorisme.

"Pusat operasi gabungan akan dibangun di kota Riyadh untuk mengoordinasi dan mendukung operasi militer guna memerangi terorisme serta membuat program dan mekanisme yang dianggap perlu untuk mendukung upaya itu," kata pernyataan tersebut.

Negara yang masuk dalam persekutuan pimpinan Arab Saudi itu antara lain Yordania, Uni Emirat Arab, Pakistan, Bahrain, Bangladesh, Benin, Turki, Chad, Togo, Tunisia, dan Djibouti.

Selain itu ada Senegal, Sudan, Sierra Leone, Somalia, Gabon, Guinea, Palestina, Comoros, Qatar, Cote d Ivoire, Kuwait, Lebanon, Libya, Maladewa, Mali, Malaysia, Mesir, Maroko, Mauritania, Niger, Nigeria, dan Yemen.

Lebih dari 10 negara Islam lain termasuk Indonesia, menurut pernyataan yang dilansir SPA, menyatakan dukungan mereka pada aliansi tersebut.

Menurut pernyataan itu, pembentukan sekutu militer antara lain dilakukan demi "menjalankan tugas untuk melindungi negara dari kejahatan semua kelompok bersenjata dan organisasi teroris - apapun doktrin dan gelar mereka - yang menebar pembunuhan dan korupsi di dunia dan dirancang untuk meneror orang-orang tak bersalah".

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa pengaturan yang sesuai akan dibuat untuk berkoordinasi dengan negara-negara sahabat yang cinta damai dan badan-badan internasional demi mendukung upaya internasional untuk memerangi terorisme serta menjaga keamanan dan perdamaian internasional.