Pesawat Koalisi Pimpinan Arab Saudi Langgar Gencatan Senjata Di Yaman

id , pesawat koalisi, pimpinan arab, saudi langgar, gencatan senjata, di yaman

  Pesawat Koalisi Pimpinan Arab Saudi Langgar Gencatan Senjata Di Yaman

Sanaa, (Antarariau.com) - Beberapa pesawat tempur koalisi pimpinan Arab Saudi oleh warga lokal dilihat terbang di wilayah udara Sana a pada Rabu pagi, peristiwa yang menandai pelanggaran pertama terhadap gencatan senjata rapuh yang diumumkan sehari sebelumnya.

Suara pesawat tersebut, yang terbang selama 15 menit, dapat didengar dengan jelas oleh semua warga. Banyak warga melapor mereka melihat beberapa jet pada saat yang sama.

Tak ada reaksi dari senjata anti-pesawat tempur, yang berada dalam kekuasaan kelompok gerilyawan Syiah Al-Houthi.

Petinggi Al-Houthi Hamid Al-Bukhaity mengatakan kelompoknya takkan menembak pesawat tempur tersebut, tapi kelompoknya akan mematuhi gencatan senjata.

Sementara itu, para pejabat dan warga di Provinsi Taiz di bagian barat-daya negeri tersebut menuduh petempur Al-Houthi membunuh tujuh warga dan melukai sembilan orang lagi dalam pemboman yang mereka katakan kadangkala telah dilanggar sejak gencatan senjata berlaku pada Selasa tengah hari sampai Rabu pagi.

Para pejabat dan saksi mata mengkonfirmasi bahwa anggota milisi Al-Houthi masih mengepung Taiz kendati ada gencatan senjata, sehingga menghalangi masuknya pasokan air dan keperluan medis ke wialayah itu, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Belum ada komentar dari kelompok Al-Houthi.

Beberapa saksi mata dan pengamat di Taiz mengatakan pemboman Al-Houthi tersebut ditanggapi oleh pasukan pro-pemerintah.

Masih pada Rabu pagi, para pejabat dan warga desa Al-Mazarik di Provinsi Al-Jouf di bagian timur-laut Yaman mengatakan anggota milisi Al-Houthi menembakkan senjata artileri dan tank ke kabupaten itu, saat mereka bergerak maju ke depan kamp militer yang dikuasai pemerintah, An-Nasr, dalam upaya nyata untuk menguasainya.