Sekjen PBB Sambut Baik Dimulainya Pembicaraan Perdamaian Yaman Di Swiss

id sekjen pbb, sambut baik, dimulainya pembicaraan, perdamaian yaman, di swiss

Sekjen PBB Sambut Baik Dimulainya Pembicaraan Perdamaian Yaman Di Swiss

PBB, New York, (Antarariau.com) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Selasa (15/12) menyambut baik dimulainya pembicaraan perdamaian Yaman di Swiss, dan berharap "pembicaraan itu, yang dimulai hari ini, akan menghasilkan diakhirinya konflik militer".

Ban percaya dialog damai yang melibatkan semua pihak adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri penderitaan dan membangun kembali keprecayaan, keyakinan dan penghormatan timbal-balik di kalangan rakyat Yaman setelah berbulan-bulan perang saudara yang menewaskan ribuan orang, kata satu pernyataan dari juru bicara Ban.

Ban juga menyambut baik pengumuman penghentian permusuhan yang menyertai dimulainya pembicaraan, kata pernyataan tersebut, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu. "Ia mendesak semua pihak agar mematuhi dihentikannya permusuhan dan upaya ke arah diakhirinya konflik tersebut selamanya," katanya.

Selain itu, Ban menyampaikan harapan bahwa pembicaraan tersebut akan menghasilkan diakhirinya konflik militer di Yaman dan menandai kembalinya negeri tersebut ke jalur perdamaian yang berkelanjutan.

Saat mendesak "semua pihak ke pembicaraan itu agar terlibat konstruktif dan dengan kepercayaan baik satu sama lain", ia menyeru mereka agar menyepakati langkah praktis yang akan membantu mengakhiri penderitaan rakyat Yaman dan meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka.

Ban juga mendorong semua negara di wilayah tersebut dan negara lain anggota PBB agar menciptakan suasana yang kondusif bagi pembicaraan, kata pernyataan itu.

Pembicaraan yang diperantarai PBB dimulai di Jenewa pada Selasa. Sebanyak 24 wakil Yaman dan penasehat menghadiri perundingan tersebut, bagi gencatan senjata menyeluruh dan langgeng, dan peningkatan situasi kemanusiaan serta kembalinya ke peralihan politik yang teratur dan damai.