Pasangan "Zul-Eko" Raih Suara Terbanyak Pilkada Dumai

Dumai, Riau,   (Antarariau.com) - Rapat  pleno Komisi Pemilihan Umum Dumai untuk rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilkada Kota Dumai, Provinsi Riau, menetapkan pasangan calon nomor urut 2, Zulkifli AS-Eko Suharjo meraih suara terbanyak dengan jumlah 32.618 suara sah.

Pleno yang berlangsung di salah satu ruang hotel ini memutuskan kandidat peraih suara terbanyak kedua diperoleh calon nomor urut 4, Abdul Kasim-Nuraini dengan 30.315 suara sah.

Pleno rekap suara dipimpin langsung Ketua KPU Dumai Darwis bersama empat komisioner lain, Robi Aslam, Edi Indra, Siti khadijah dan Kurnia Ningsih, serta dihadiri Ketua KPU Riau Nurhamin, Dandim, Kapolres, Panwas dan seluruh saksi dari lima pasangan calon, Rabu.

Ketua KPU Dumai Darwis menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, baik penyelenggara, pengawas dan pasangan calon serta aparat keamanan yang telah bekerja keras menyukseskan pelaksanaan Pilkada hingga tahapan penetapan kandidat terpilih.

"Pleno ini penetapan calon wali kota peraih suara terbanyak, dan untuk penetapan kandidat terpilih dijadwalkan 21 atau 22 Desember nanti," kata Darwis, Rabu.

Dijelaskan dia, untuk calon nomor urut 1 Muhammad Ikhsan-Yanti Komala meraih 20.298 suara sah, Paslon nomor 3, Amris-Sakti sebanyak 20.882 dan kandidat nomor urut 5, Agus Widayat-Maman Syufriadi sebesar 12.663 suara sah.

Pelaksanaan pleno sempat diwarnai aksi "walk out" dari saksi pasangan calon nomor urut 4, Abdul Kasim-Nuraini yang meminta penundaan rapat pleno karena ada persoalan dugaan pelanggaran dilakukan tim satu pasangan kandidat, namun kejadian tersebut tidak menjadi kendala dalam penetapan.

Dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilkada yang digelar di 493 TPS di Dumai ini, tingkat partisipasi masyarakat pemilih sekitar 68,13 persen atau sebanyak 119.398 suara dari total 170.883 pemilih tetap.

Penetapan calon peraih suara terbanyak diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh KPU bersama saksi empat kandidat dan secara umum pelaksanaan berjalan aman kondusif.

Pelaksanaan pleno rekap suara mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian dan tentara serta Brimob Polda Riau dilengkapi persenjataan dan armada mobil water canon Polres Dumai.