Indragiri Hilir Gelar Rakor Program Magrib Mengaji

id indragiri hilir, gelar rakor, program magrib mengaji

Indragiri Hilir Gelar Rakor Program Magrib Mengaji

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemkab Indragiri Hilir, Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pihak terkait guna meningkatkan realisasi program maghrib mengaji yang merupakan agenda prioritas di daerah itu.

"Kami ingin program ini dapat berjalan maksimal di tengah masyarakat, sebelumnya telah ada Perda untuk tulis, baca Al Quran tetapi belum direalisasikan secara maksimal," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa Rakor ini bertujuan untuk mengevaluasi program Maghrib mengaji yang telah dicanangkan oleh Pemkab Indragiri Hilir.

"Setelah pencanangan kegiatan maghrib mengaji akan kita sosialiasasikan dan mempersiapkan anggaran langsung, dana untuk program maghrib mengaji ini, kami percayakandi dana Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ)," jelasnya.

Kemudian, dia mengemukakan alasannya mengapa ia menekankan kegiatan maghrib mengaji ini dilakukan di masjid, hal itu dikarenakan dia berkeinginan untuk menimbulkan rasa peduli terhadap masjid.

"Saya tidak ingin masjid yang sudah dibangun secara baik tidak memiliki jamaah," ujarnya.

Dia mengimbau kepada pihak-pihak terkait dalam hal ini, camat, kepala KUA serta guru mengaji untuk secara sungguh-sungguh dan saling bersinergi dalam melaksanakan program ini.

"Mari kita ramaikan lagi masjid untuk sholat berjamaah dan mengaji, semoga kita mampu menciptakan generasi yang paham akan makna Al Quran," ucapnya.

Ketua Panitia Rakor maghrib mengaji Kabupaten Indragiri Hilir Kursanie mengatakan bahwa Rakor ini juga bertujuan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang menyebabkan program magrib mengaji tidak maksimal.

"Dengan Rakor ini diharapkan keefektifan dari program magrib mengaji di setiap daerah dan anak-anak dapat kembali bersemangat untuk melaksanakan maghrib mengaji," katanya.

Dalam kesempatan itu Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan memberikan paket umroh kepada juara 1 Tahfidz 10 juz atas nama Al Muhtarom dan Juara 1 Tahfidz 20 juz atas nama M Syafi i pada MTQ ke-34 Provinsi Riau di Kabupaten Siak.

(adv)