Sekjen PBB Sambut Baik Penandatangan Kesepakatan Politik Libya

id sekjen, pbb sambut, baik penandatangan, kesepakatan politik libya

 Sekjen PBB Sambut Baik Penandatangan Kesepakatan Politik Libya

PBB, New York, (Antarariau.com) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Kamis menyambut baik penandatanganan Kesepakatan Politik Libya pada hari yang sama oleh peserta dialog politik Libya, demikian pernyataan dari juru bicara Ban.

Ban berharap "penandatanganan kesepakatan tersebut akan mengembalikan Libya ke jalur pembangunan negara yang demokratis berdasarkan semua prinsip penyertaan, hak asasi manusia dan ketentuan hukum", katanya.

Kesepakatan itu akan mengarah kepada pembentukan Satu Pemerintah Kesepakatan Nasional dan semua lembaga nasional yang akan menjadi keterwakilan luas, kata pernyataan tersebut.

"Itu adalah langkah penting dalam berlanjutnya peralihan pasca-revolusi setelah berbulan-bulan kerusuhan dan ketidak-pastian," kata Ban di pernyataan tersebut, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. "Saya mengucapkan selamat kepada rakyat Libya mengenai prestasi penting ini."

"Pintu akan tetap terbuka buat mereka yang ingin bergabung di jalan menuju perdamaian. Kami akan terus bekerja untuk memperluas landasan dukungan buat Pemerintah baru," kata pernyataan itu.

Ban juga memuji semua peserta dialog tersebut, dari bermacam lapisan, atas kerja keras mereka selama setahun belakangan dan karena kesediaan mereka untuk menempatkan kepentingan nasional di atas kepentingan lain, katanya.

Saat menegaskan bahwa "penandatanganan ini bukan akhir", Ban mengatakan, "Dewan Presiden sekarang harus membentuk Pemerintah Kesepakatan Nasional, dan persiapan perlu dilanjutkan bagi berdirinya (pemerintah tersebut) di Tipoli."

"Jalan yang membentang akan sulit. Tapi saya ingin kembali meyakinkan rakyat Libya bahwa PBB akan terus mengawal proses tersebut dan mendukung Pemerintah pada masa mendatang," katanya.