Polres Dumai Turunkan 150 Personel Pengamanan Natal

id polres dumai, turunkan 150, personel pengamanan natal

Polres Dumai Turunkan 150 Personel Pengamanan Natal

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepolisian Resort Dumai siap mengantisipasi aksi teror selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 dengan menurunkan 150 personel pengamanan yang akan mengawal sebanyak 57 gereja di daerah itu.

Kepala Bagian Operasional Polres Dumai Kompol Wawan menyebutkan, pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016 dimulai dengan meggelar Operasi Lilin 2015 dan puluhan gereja akan dikawal ketat polisi untuk mendukung kegiatan ibadah dan perayaan umat kristiani tersebut.

"Seluruh gereja akan dikawal ketat dengan pengamanan berlapis agar umat kristiani dapat khusuk dan tenang dalam menjalankan ibadah," katanya kepada pers, Sabtu.

Dijelaskan dia, dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2015 ini, sebanyak 5 hingga 10 polisi akan disebar ke semua gereja, tergantung jumlah umat yang melaksanakan peribadatan di rumah ibadah tersebut.

Pola pengamanan diperketat ini, lanjut dia, untuk mengantisipasi aksi teror sehingga memberi rasa aman dan nyaman bagi para jemaat yang sedang menjalankan ibadah natal.

"Jumlah gereja yang sudah terdata ini akan dikawal polisi dan kita berharap suasana tetap tertib dan kondusif selama perayaan natal nanti," harapnya.

Untuk memaksimalkan pengamanan dua perayaan tersebut, Polres Dumai juga sudah berkoordinasi dengan lintas sektor terkait lain, seperti Dinas Perhubungan, KSOP, Satpol PP, Pelindo dan sebagainya.

Polres Dumai juga akan mendirikan 4 posko pengamanan dan 1 posko pelayanan angkutan Natal dan Tahun Baru 2016 di sejumlah lokasi keramaian, terminal dan bandara agar aktivitas warga dalam perayaan ini tidak terganggu.

Sementara, Dinas Perhubungan Dumai juga akan menyiapkan empat pos angkutan dan pengaturan lalu lintas selama perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 ini di terminal, pelabuhan dan bandar udara.

Kepala Seksi Pengatur Pengendalian Lalu Lintas Dinas Perhubungan Dumai Firman menyatakan jumlah petugas gabungan yang diturunkan dalam pembukaan pos angkutan ini sebanyak 163 orang.

"Pos penyelenggaraan angkutan natal dan tahun baru ini dibentuk di di Terminal AKAP, Bandara Pinang Kampai, Pelabuhan Penumpang domestik dan internasional Pelindo serta Pelabuhan Roro," katanya.