Star Wars: The Force Awakens Raup 250 Juta Dolar AS

id star wars, the force, awakens raup, 250 juta, dolar as

Star Wars: The Force Awakens Raup 250 Juta Dolar AS

Los Angeles, (Antarariau.com) - "Star Wars: The Force Awakens" meraup sekitar 250 juta dolar AS di box office film global hingga Jumat dan berada di jalur pemecahan rekor pendapatan akhir pekan penayangan perdana terbesar di Amerika Serikat dan Kanada menurut Walt Disney Co, Sabtu (19/12).

Film fiksi ilmiah Star Wars ketujuh itu diproyeksikan mengumpulkan hasil penjualan tiket mendekati 220 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada hingga Minggu, mengalahkan rekor pendapatan 208,8 juta dolar AS dari "Jurassic World" pada Juni, kata Disney.

Film itu sudah memecahkan beberapa rekor industri film dan mendapat pujian dari para penonton dan kritikus.

"Star Wars: The Force Awakens" pada Jumat mengumpulkan 120,5 juta dolar AS dari pemutaran sepanjang hari di bioskop-bioskop Amerika Serikat, mencapai angka penjualan tiket film tertinggi dalam sehari.

Itu meliputi penghasilan 57 juta dolar AS dari para penonton yang bergegas ke bioskop untuk menyaksikan penayangan perdana film itu pada Kamis malam (17/12).

"Force Awakens" mulai tayang di pasar global pada Rabu (16/12). Hingga Jumat, hasil penjualan tiketnya mencapai 129,5 juta dolar AS, mencetak rekor pendapatan hari pemutaran perdana di Inggris, Jerman, Australia, Brazil dan negara lain.

Film "Star Wars" terbaru merupakan film pertama dalam satu dekade dari serial karya George Lucas tahun 1977.

Disney membeli pembuat "Star Wars", Lucasfilm, seharga empat miliar dolar AS tahun 2012 dan menghabiskan lebih dari 200 juta dolar AS untuk membuat "Force Awakens".

Film itu sekarang tayang di seluruh pasar kecuali Yunani dan India, yang akan mulai menayangkannya pada 24 Desember, serta Tiongkok yang baru akan menayangkannya pada 9 Januari. Tiongkok adalah pasar film terbesar kedua di dunia.