Masyarakat Kuansing Bangga Perhatian Pusat

id masyarakat kuansing, bangga perhatian pusat

Masyarakat Kuansing Bangga Perhatian Pusat

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Perhatian Pemerintah Pusat ke Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau sangat dibanggakan oleh masyarakat daerah khususnya atas kepedulian dalam mengucurkan dana alokasi khusus

" Kami minta dana setiap tahun selalu meningkat agar keluhan warga bisa teratasi," kata Kepala Bagian Sumber Daya Air BMSDA Kuantan Singingi, Erman di Teluk Kuantan, Minggu.

Ia mengatakan, ratusan kilo meter setiap tahun panjang irigasi yang harus dibangun untuk menutupi kebutuhan masyarakat, selain mencegah banir juga untuk distribusi air ke sejulah areal pertanian petani.

Pemerintah pusat mengalokasikan DAK sebesar Rp12 miliar, dana ini dianggarkan untuk rehablitasi dan peningkatan jaringan irigasi di Kabupaten Kuantan Singingi.

" Dana Alokasi Khusus (DAK) itu hasil dari usulan pemerintah daerah," sebutnya.

Menurut Erman, program pembangunan khususnya untuk rehabilitasi sejumlah irigasi dan pengoptimalan daerah rawa yang dinilia sangat strategis mendorong pertumbuhan ekonomi petani di daerah.

Sementara, untuk DAK Sub Bidang Irigasi berbagi dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang mencapai Rp 2 miliar untuk kegiatan kesehatan air minum.

" DAK infrastruktur untuk tahun 2016, Kuansing menerima lebih dari Rp66 miliar, jalan Rp50 miliar," ujarnya.

Masyaramat Teluk Kuantan IR Nariman MMA mengatakan, sebaiknya semua kegiatan irigasi yang di programkan oleh pemerintah kembali di evaluasi ulang karena selama ini masih banyak daerah pedesaan yang diperhatikan misalnya di Lubuk jambi dan Lubuk Ambacang.

" Masyarakat juga membutuhkan perhatian serius agar ekonomi warga bisa lebih baik," terangnya.

Ia mengatakan, masyarakat lebih membutuhkan air bersih, jika saluran irigasi dioptimalkan maka bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari - hari khususnya untuk cuci dan mandi.