Partisipasi Pemilih Kuansing Tertinggi Di Riau

id partisipasi pemilih, kuansing tertinggi, di riau

Partisipasi Pemilih Kuansing Tertinggi Di Riau

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Partisipasi pemilih dalam Pilkada serentah di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau tercata tertinggi di Riau yang mencapai 73,85 persen.

" Kami bangga itu adalah prestasi besar, karena target secara nasional hampir terpenuhi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuantan Singingi Firdaus Oemar di Teluk Kuantan, Minggu.

Ia mengatakan, tingginya jumlah masyarakat menggunakan hak pilih dalam proses mengunakan hak suara pada pemilihan kepala daerah Rabu 9 Desember 2015 karena sudah mengertinya masyarakat betapa pentingnya kegiatan Pilkada.

Berhasilnya kegiatan sosialisasi yang di gelar KPU juga sangat menentukan, selain besarnya peran aktif semua elemen di tengah masyarakat yang terlihat begitu besar pengaruhnya mendorong dan mengajak warga yang terdaftar pada DPT untuk menggunakan haknya dengan baik.

" Hal ini sangat di apresiasi tinggi," sebutnya.

Komisioner KPU Wigati Iswandhiari menambahkan, angka tersebut mendekati target yang ditetapkan KPU Republik Indonesia, yakni secara nasional pada angka 77,5 persen.

Keberhasilan ini, lanjut dia, tidak lepas dari upaya sosialisasi, baik secara langsung maupun lewat media massa, tidak hanya itu, KPU memasukkan tradisi Kuansing saat sosialisasi.

" Dimulai dari maskot Pilkada Bajalur dan sosialisasi dengan pertunjukan randai," ucapnya.

Dosen Universitas Islam Kuantan Singingi IR Nariman Hadi MMA mengatakan, tercatatnya Kuansing adalah tertinggi tingkat artisipasi pemilih menunjukkan bahwa semua telah bekerja optimal sesuai dengan tugasnya masing - masing.

" Ini membuktikan bahwa masyarakat semakin cerdas, bukan saja KPU, tetapi Kapolres, Pemkab, partai Politik juga telah berperan aktif," ujarnya.

Menurutnya, setelah acara besar itu selesai maka sebaiknya semua pihak berjiwa besar, yang menang bisa membawa perubahan di Kuansing, selain melanjutkan program pembangunan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dijanjikan saat menyamaikan visi dan misi.

Begitu juga dengan yang kalah menjadi Bupati dan Wakil Bupati lima tahun kedepan, harus berjiwa besar dan tetap mendukung program pemerintah agar daerah ini lebih maju, berkembang dan menciptakan suasana yang man, tertif.