BPJS Pekanbaru Bayarkan Rp9,9 Miliar Per Bulan Ke Puskesmas

id bpjs pekanbaru, bayarkan rp99, miliar per, bulan ke puskesmas

BPJS Pekanbaru Bayarkan Rp9,9 Miliar Per Bulan Ke Puskesmas

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Chandra Nurcahyo menyebutkan pembayaran biaya kapitasi berbasis kinerja pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di Puskesmas di daerah setempat mencapai Rp9,9 miliar per bulan.

"Pencairan biaya kapitasi berbasis kinerja tersebut dilakukan setiap tanggal 15, sehingga diharapkan manejemen Puskesmas bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan mereka kepada peserta BPJS Kesehatan," kata Chandra Nurcahyo, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, mewadahi Puskesmas Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Palalawan dan Kabupaten Rokan Hulu.

Ia mengatakan, biaya kapitasi berbasis kinerja sebesar Rp9,9 miliar tersebut, sudah mencakup pelayanan yang diberikan bagi 1,4 juta jiwa masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan di FKTP.

"Di FKTP kini jenis penyakit yang dilayani melalui anggaran berbasis kinerja itu adalah dominan hipertensi, diabet, ispa, asma," katanya.

Namun demikian, katanya lagi, FKTP yang kini cenderung melayani orang sakit pada 155 jenis penyakit itu, juga mengajak masyarakat untuk berprilaku hidup sehat sebagai upaya preventif.

Untuk program ini, katanya, masyarakat bisa langsung mengontak Puskesmas, dan tercatat angka kontak pasien di Puskesmas awal implementasi BPJS Krsehatan adalah 40/mil (dengan 4 persen pengguna) dan kini menjadi 150/mil (15 persen pengguna).

Artinya, katanya lagi, FKTP juga jadi tempat pencegahan penyakit selain itu Puskesmas di Pekanbaru kini sudah memiliki tingkat kemampuan yang lebih baik, karena sudah bisa menangani kasus-kasus non spesialistik seperti diabetes terkontrol, asma dan lainnya.