Disperindag Pekanbaru Gelar Sidak Sembako

id disperindag pekanbaru, gelar sidak sembako

Disperindag Pekanbaru Gelar Sidak Sembako

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menurunkan tim guna pengawasan peredaran dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di masyarakat menjelang hari raya keagamaan dan Tahun Baru.

"Kalau tidak ada aral melintang besok tim akan turun ke perkulakan kebutuhan pokok, SPBU, pangkalan, pedagang parsel dan sebagainya," ungkap Kabid Perdagangan, Disperindag Pekanbaru Masirba Sulaiman di Pekanbaru, Senin.

Masirba menjelaskan tim Disperindag akan turun serentak esok hari ke semua sentra, gudang dan tempat pembuatan parsel di Pekanbaru, guna mengawasi keberadaan barang-barang yang akan diedarkan.

"Ini menindaklanjuti edaran Kementerian Perdagangan terkait standarisasi dan perlindungan konsumen kami diminta mengawasi jenis-jenis barang yang layak edar dan dilarang," ujarnya.

Berbicara lokasi sidak, tim membagi kepada beberapa titik. Antaranya beberapa SPBU yang dicurigai masyarakat curang dan tidak sesuai motonya "Pasti Pas".

"Ada warga mengeluhkan pengelola SPBU selalu melakukan pembulatan nilai belanja ke atas dengan alasan tidak ada uang pecahan kecil sebagai kembalian. Misalkan tercatat Rp150 dibulatkan jadi Rp500," bebernya.

Kalau demikian itu jelas menyalahi, karena konsumen dirugikan.

Selain itu pihaknya juga akan meninjau lokasi indutri rumahan yang membuat parsel dadakan. Karena tidak jarang momen ini dijadikan ajang menjual barang -barang tidak layak edar.

"Tujuannya jelas ingin melihat apakah produk makanan dan minuman yang dipaket dalam parsel layak edar, dengan masa ekspayer berlaku, tidak rusak kemasannya, bahkan sudah SNI bagi barang luar yang dijual didalam negeri," urai Masirba lagi.

Masih sebut Masirba, pihaknya juga akan mengawasi peredaran minuman keras (miras) di swalayan besar dan mal karena tidak jarang ajang perpisahan tahun baru akan dimanfaatkan oleh pedagang menjual miras bagi kalangan muda pada tempat-tempat yang dilarang.

"Perkulakan juga akan jadi target kami, khususnya kebutuhan pokok," tandasnya.

Diakui Masirba kesiapan untuk turunnya tim esok sudah dibahas pada rapat gabungan hari ini antara bidang terkait.

"Kami sudah rapatkan apa-apa saja yang akan dilakukan peninjauan," pungkasnya.