AP II Salurkan Dana PKBL Rp1,59 Miliar

id ap, ii salurkan, dana pkbl, rp159 miliar

 AP II Salurkan Dana PKBL Rp1,59 Miliar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru selama 2015 telah mengucurkan dana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) sebesar Rp1,59 miliar kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Provinsi Riau.

"Pencairan dana PKBL pada 2015 sudah dilakukan dalam tiga tahap, yang totalnya mencapai Rp1,59 miliar kepada 86 usaha penerima," kata General Manager PT AP II Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait, kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

PKBL adalah bentuk tanggung jawab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat yang dananya diambil dari laba perusahaan. Para penerima merupakan pengusaha kecil yang sebelumnya diseleksi terlebih dahulu, dan nantinya akan menerima bantuan dana untuk modal usaha dalam bentuk kredit lunak dengan bunga enam persen per tahun.

Jaya Tahoma mengatakan program ini di lingkungan Bandara SSK II telah rutin dilakukan sejak tahun 1999. Total dana PKBL yang telah disalurkan sejak pertama kali secara kumulatif sudah mencapai sekitar Rp22 miliar.

"Kita tetap sangat berhati-hati menyalurkan dana ini karena ada juga yang tidak berhasil, bahkan ada di bandara lain dana bantuan ini diselewengkan oleh penerima jadi modal nikah," katanya.

Menurut dia, pencairan PKBL tahap tiga dilakukan pada tanggal 21 Desember 2015 dengan jumlah Rp725 juta kepada 38 usaha. Secara keseluruhan, dana PKBL diterima oleh 21 mitra yang berusaha di sektor perdagangan dengan jumlah bantuan Rp227,5 juta.

Kemudian, sebanyak tujuh mitra sektor industri sebesar Rp125 juta, dan 10 mitra sektor jasa dengan jumlah bantuan Rp272,5 juta.

"Kami bukan hanya memberikan target penyaluran, melainkan juga harus ada target pengawasan dan pembinaan agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan benar-benar berguna," ujarnya.

Ia mengatakan penerima PKBL yang berhasil menggunaan dana untuk kemajuan usaha diperbolehkan untuk mengajukan bantuan pada tahun selanjutnya.

"Ada juga penerima PKBL yang berhasil mendapatkan bantuan lagi, namun harapannya dana bergulir ini diberikan pada pelaku usaha lainnya," katanya.