Akademi TNI Dituntut Semakin Profesional

id akademi tni, dituntut semakin profesional

Akademi TNI Dituntut Semakin Profesional

Oleh Heru Suyitno

Magelang, (Antarariau.com) - Baliho besar bertuliskan "Di Sini Tempat Belajar dan Berlatih untuk Menjadi Pemimpin" menjadi latar belakang pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun ke-50 Akademi TNI di Lapangan Pancasila kompleks Akademi Militer Magelang, Selasa.

Di Akademi Militer (Akmil) Magelang inilah para calon taruna/taruni dari matra darat, laut, dan udara mengikuti pendidikan integratif dalam kawah "Chandradimuka" sebagai calon pemimpin sebelum mereka mengikuti pendidikan di matra masing-masing.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang disampaikan Danjen Akademi TNI Mayjen TNI Bayu Purwiyono, mengatakan tugas Akademi TNI ke depan tidaklah semakin ringan, namun harus yakin dan pasti mampu menghadapinya dengan baik, jika dilakukan dengan tulus dan ikhlas disertai semangat dan kecintaan terhadap profesi demi kejayaan bangsa dan negara.

Ia mengatakan melalui peringatan seperti ini diharapkan seluruh warga Akademi TNI dapat memanfaatkannya sebagai tahapan penting guna melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas di masa lalu, sekaligus sebagai pendorong semangat dan motivasi dalam meningkatkan kualitas pengabdian di masa mendatang.

Akademi TNI sebagai Badan pelaksana Pusat Mabes TNI merupakan lembaga pendidikan yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pendidikan yang bersifat integratif, yang tentu di dalam perjalanan sejarahnya telah banyak hasil yang dicapai.

Namun, katanya, lebih baik apabila juga diakui bahwa masih banyak pula kekurangan atau kelemahan yang harus diperbaiki.

Hari Ulang Tahun ke-50 Akademi TNI, katanya, jadikan sebuah momentum ungkapan rasa syukur seklaigus evaluasi, pengkajian, dan perbaikan guna membenahi hal-hal yang dirasakan masih kurang memadai demi keberhasilan tugas terbaik kepada bangas dan negara di masa depan.

"Saya menilai perjalanan selama 50 tahun ini, Akademi TNI telah banyak mengalami perubahan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun pengaruh situasi politik bangsa Indonesia serta perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun nasional yang selalu mengalami perubahan," katanya.

Bersambung ke hal 2 ...