Pekanbaru,  (Antarariau.com) - Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, akan menjaring 300.000 calon peserta berasal dari pekerja usaha kecil "/>

BPJS Kesehatan Akan Jaring 300.000 Pekerja UKM

Pekanbaru,  (Antarariau.com) - Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, akan menjaring 300.000 calon peserta berasal dari pekerja usaha kecil menengah (UKM) menjadi peserta BPJS Kesehatan di Ibukota Provinsi Riau itu.

"Sebanyak tiga ratusan ribu calon peserta itu berasal dari pekerja dari usaha bengkel, cat, mesin, rumah makan dan lainnya sehingga menjadi prioritas awal 2016," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Chandra Nurcahyo, dalam keterangannya di  Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, untuk menjangkau calon peserta BPJS Kesehatan berasal dari  pekerja usaha swasta itu maka pihaknya  akan lebih menggencarkan sosialisasi kepada pemilik usaha terkait kewajiban mereka untuk mendaftarkan pekerja mereka.

Ia menyebutkan,  selama ini pemilik usaha rumah makan, bengkel, cat, mesin, warung kopi, penjual minuman dan lontong memiliki pekerja 5-20 orang lebih akan tetapi pemilik usaha jsutru tidak tercatat sebagai UKM.

"Padahal,  usaha tersebut sudah meraih omset Rp100 juta hingga Rp200 juta lebih per bulan yang seharusnya sudah memiliki kewajiban untuk mengintegrasikan karyawan mereka menjadi peserta BPJS Kesehatan," katanya.

Oleh karena itu, tahun 2016, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan sejumlah kelompok atau group seperti paguyuban usaha kecil, mencari dan mendata keberadaan UKM tersebut secepatnya sebagai bagian dari upaya mempercepat penuntasan pelayanan kesehatan secara universal pada tahun 2019.

BJPS Kesehatan Cabang Pekanbaru juga akan menggalang kerjasama dengan Dinas Sosial, Dinas tenaga Kerja, camat, lurah melalui penugasan sejumlah duta BPJS Kesehatan.

Sedangkan duta yang dilatih kini sebanyak 200 orang berasal dari Karang taruna, organisasi masyarakat dan pemuda  serta laskar Melayu yakni sedang dalam tahap pematangan pembekalan.

"Namun keberadaan duta akan dikerucutkan menjadi 50 duta, yang diharapkan sebagai duta tersebut bisa bekerja secara baik sebagai perpanjangan tangan BPJS Kesehatan," katanya dan menambahkan duta tersebut akan diberi honor dalam setiap kegiatan.
 
 

loading...